PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • Akbar Romadhan . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lectora inspire ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan berdasarkan kriteria isi, tampilan, dan bahasa, selain itu juga untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media dengan materi rangkaian dasar gerbang logika di SMK Negeri 3 Jombang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D). Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan divalidasi oleh 2 dosen Teknik Elektronika dan 2 guru SMKN 3 Jombang  sebagai  validator media  lalu  diuji cobakan terbatas  pada  20 siswa kelas x program keahlian Elektronika Industri SMK Negeri 3 Jombang. Media pembelajaran interaktif memenuhi syarat valid jika masing-masing kriteria memperoleh presentase penilaian > 62,5% dan  memperoleh  respon positif siswa > 62,5%.

Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lectora inspire yang telah divalidasi dengan hasil rating dari format media sebesar 84,37%, materi media sebesar 81,25%, aspek bahasa sebesar 81,25%, dan pada animasi media sebesar 87,5. Sehingga secara umum media yang  dikembangkan  dikategorikan  sangat  baik  dengan  hasil  rating  rata-rata 84%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 86,19%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci:Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Lectora Inspire, Research and Development.

Abstract

This development of learning media using interactive multimedia lectora inspire research has the aim to produce an interactive learning media in terms of the criteria of content, performance, and language; also to find out students response to the media with electronics technic topic in SMK Negeri 3 Jombang.

This type of research is the developmental research with reference to Research and Development (R&D) model. Learning interactive media which was  developed validated by 2 lecturers of Electronics Engineering and 2 teachers of SMKN 3 Jombang as media validators then limited tried out in 20 students of Industrial Electronics Techniques class x SMKN 3 Jombang. Learning interactive media has been up to standard of valid if the average of percentage score in each criterion get > 62,5% and the positive response of the students get > 62,5%.

The result of this research is development of learning media using interactive multimedia lectora inspire that has been validated with rating result as the following, 84,37% for media formats, 81,25% for substance components, 81,25% for media grammar, and 87,5% for media animations. Overall it have 84% rating result, it means this learning interactive media is very feasible. The students response for all aspects of the learning interactive media was very good with the value 86,19%. Those results show that the learning interactive media are proper to be used as learning media

Keywords:Learning Media, Interactive Multimedia, Lectora Inspire, Research and Development (R&D).

Author Biographies

Akbar Romadhan ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
., A., & Rusimamto, P. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 3 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 862