PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA KOMPETENSI DASAR DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 TANJUNGANOM-NGANJUK

  • Egile Eldison Fitrada Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle. Penelitian untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis Internet dengan menggunakan software utama moodle yang akan di aplikasikan pada kompetensi dasar dasar elektronika (di SMK Negeri 1 Tanjunganom-Nganjuk). Materi yang disajikan adalah Resistor, Kapasitor dan Induktor secara manual dan dengan berbantuan komputer.

Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu tahap potensi masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi produk, tahap uji coba produk, tahap analisa dan pelaporan.

Penelitian pengembangan ini diperoleh dari hasil penilaian validator menunjukkan bahwa media pembelajaran E-learning Berbasis Moodle dinyatakan layak digunakan dan sangat valid. Adapun penilaian yang diberikan pada tiap-tiap pernyataan adalah sebagai berikut : Untuk format, ilustrasi, bahasa dan isi media dengan hasil rating 88,46% dan untuk respon siswa terdapat media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle ini adalah sangat baik dengan hasil ratingĀ  84,83%. Sehingga media pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanjunganom-Nganjuk khususnya Jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Kata Kunci : Media E-Learning Berbasis Moodle, penelitian Research and Development.

Abstract

This research is the development of instructional media-Based E-Learning Moodle. The research is to produce an Internet-based learning media using Moodle main software that will be applied on the basis of basic electronics competence (in SMK Negeri 1 Tanjunganom-Nganjuk). The material presented is Resistors, Capacitors and Inductors manually and by computer-aided.

The Methods of this research is a model of development which refers to the Research and Development (R & D). In this study there are 7 (seven) stages namely stage potential problems, the data collection phase, the product design stage, stage design validation, product revision stage, the stage of product testing, analysis and reporting stage.

The development study was obtained from the results of the assessment indicate that the learning media validator E-learning Moodle Based on the state fit used and very valid. The assessment given to each statement is as follows : For formatting, illustration, language and media content with the results of 88.46% rating and for student responses are medium-Based Learning E-Learning Moodle is very good with the results of 84 rating, 83%.So media-based learning E-Learning Moodle developed deemed to be used as an alternative medium of learning in SMK Negeri 1 Tanjunganom-Nganjuk particularly light vehicle engineering majors.

Keywords : Media-Based E-Learning Moodle, research Research and Development.

Author Biographies

Egile Eldison Fitrada, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
Fitrada, E., & Rusimamto, P. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA KOMPETENSI DASAR DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 TANJUNGANOM-NGANJUK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 56