STUDI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERORIENTASI LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • Nur Cholis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Endryansyah . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan masalah berorientasi life skillyang terdiri dari buku siswa, RPP, dan soalpada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik di SMK Negeri 3 Jombang, dan (2) Untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar siswaSMK Negeri 3 Jombang yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaranberdasarkan masalah berorientasi life skill pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik.Jenis metode penelitian dari judul “Studi ImplementasiPembelajaran Berdasarkan Masalah Berorientasi Life skill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK Negeri 3 Jombang” adalah eksperimen semu (quasi-experimental research) karena tidak semua variabel dalam penelitian ini dapat dikontrol.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perangkat pembelajaran berdasarkan masalah yang terdiri dari RPP, Buku Siswa dan Soal Pilihan Ganda mendapatkan rata-rata penilaian 82.23% atau mendapatkan predikat sangat layak, sehingga perangkat pembelajaran tersebut dapat diterapkan pada siswa kelas X TOI di SMK Negeri 3 Jombang. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimenyang signifikan pada ranah kognitif mendapatkan nilai rata-rata pre-test sebesar 64.74 dan nilai rata-rata post-test sebesar 79.4. Untuk hasil belajar ranah afektif mendapatkan kriteria baik dengan nilai rata-rata tiap indikator adalah sebesar 80.77. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotor juga mendapatkan kriteria penilaian sangat baik dengan nilai rata-rata praktikum adalah sebesar 82.27.

Kata Kunci :perangkat dan hasil belajar MPBM.

 

Abstract

The aim of this study were: (1) To determine the quality of learning by problem-oriented life skills consisting of student books, lesson plans, and about the basic subjects and electrical measurements at SMK Negeri 3 Jombang, and (2) To determine the increase in results student learning SMK Negeri 3 Jombang that learned using learning model based problem-oriented life skills in basic subjects and electrical measurements. Types of research methods of the title "Study of Problem Based Learning Implementation Oriented Life skill to Improve Student Results By Subject Elementary and Electrical Measurements at SMK Negeri 3 Jombang" is a quasi-experimental (quasi-experimental research) because not all of the variables in this study can be controlled . The results showed that: (1) learning device based problem which consists of lesson plans, books and Questions Multiple Choice Students earn an average of 82.23% vote or get a very decent predicate, so that the device can be applied to learning in class X TOI in SMK 3 Jombang. (2) There is an increase in student learning outcomes significant experimental class in the cognitive obtain the average value of the pre-test of 64.74 and an average value of 79.4 post-test. For affective learning outcomes get both criteria with an average value of each indicator is equal to 80.77. While the psychomotor learning outcomes also get very good assessment criteria with an average value of 82.27 practicum is.Keywords: device and learning outcomes MPBM.

Author Biographies

Nur Cholis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Endryansyah . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
., N., & ., E. (2015). STUDI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERORIENTASI LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK NEGERI 3 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 16