PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DENGAN MEDIA CIRCUIT WIZARD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTIONS) BERBASIS KURIKULUM 2013
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kediri, dengan tujuan untuk: (1) untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dasar dan pengukuran listrik dengan media circuit wizard menggunakan model pembelajaran langsung (2) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dasar dan pengukuran listrik dengan media circuit wizard menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran dasar dan pengukuran listrik dengan media circuit wizard menggunakan model pembelajaran langsung yang dikembangkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan perangkat pembelajaran diujicobakan kepada siswa X TITL 1 dengan jumlah 30 dan siswa X TITL 2 dengan jumlah 30 tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, materi ajar dan tes hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran dasar dan pengukuran listrik dinilai oleh validator dikategorikan sangat baik dengan presentase rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencapai 94,8%, buku ajar 93,75%, dan butir soal pretest-posttest sebesar 87,5%. (2) Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran siswa yang diperoleh ketika dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada standar kompetensi dasar dan pengukuran listrik mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik yaitu sebesar 78,8%, 88,5%, dan 96,2 %. (3) Perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori efektif karena hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, hasil pengamatan respon siswa tergolong baik, dan aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Kata kunci: model pembelajaran langsung, circuit wizard
Abstract
The research was conducted in SMKN 1 Kediri, with the aim of: (1) to determine the feasibility of learning Materials of basic and electrical measurement with the circuit wizard software using direct instructions model that developed, (2) describe the quality of learning Materials of basic and electrical measurement with the circuit wizard media using direct instructions model that developed, and (3) to determine the effectiveness of learning Materials of basic and electrical measurement with the circuit wizard media using direct instructions model that developed.
The method used was research and development (R&D). This research for student in SMKN 1 Kediri especially for X TITL 1 and X TITL 2 in 2014/2015. the The Materials that use for this research was lesson materials of plan, teaching materials and tests for students. The design of this research using pretest-posttest control group design.
The results showed that: (1) Learning materials of basic and electrical measurements assessed by validator categorized very well with the percentage of lesson materials of plan (RPP) reached 94.8%, teaching materials 93.75% , and pretest and posttest task reached 87, 5%. (2) Results of feasibility of quallity when learned using direct instructions model on exercise basic and electrical measurement increased with excellent category that is equal to 78.8%, 88.5%, and 96.2%. (3) Learning Materials included in effective category because learning outcomes experimental class was greater than the control class. observations of student responses was good and the activity of the students in the experimental class was better than the control class.
Keywords: direct instruction model, circuit wizard
PDF Downloads: 119