PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL

  • Angga Candra Agus Setiawan Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih digunakannya model pembelajaran konvesional pada lembaga pendidikan. Pada model pembelajaran konvensional, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi secara aktif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pada pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan metode pembelajaran mind mapping, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat belajar secara aktif.

Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan R&D. Langkah-langkah pada penelitian pengembangan ini ada 7 tahapan yaitu (1) tahap potensi dan masalah; (2) tahap pengumpulan data; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi desain; (5) tahap revisi desain; (6) tahap ujicoba produk; (7) tahap revisi produk.

Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan dengan metode pembelajaran mind mapping dinyatakan baik dengan rincian sebagai berikut: (1) Silabus 78.35%,  (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 76.67%, (3) Lembar Kerja Siswa 78%, (4) LP. Pengetahuan 74.25%, (5) LP. Proses dan Psikomotor 73.86%, dan (6) materi ajar 79.69%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seluruh instrumen yang dikembangkan dalam perangkat pembelajaran tersebut valid dan layak digunakan.  Selanjutnya siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan metode mind mapping yang ditunjukkan dengan rata-rata minat siswa sebesar 88.76% memberikan respon yang sangat baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 93.94 % dan nilai rata-rata kelas 81.97 yang berarti ketuntasan belajar klasikal tuntas. Sedangkan jika ditinjau dari uji t diketahui bahwa t hitung sebesar 7.265 dimana nilai tersebut lebih besar dibandinkan dengan t tabel sebesar 1.697 yang artinya ketuntasan hasil belajar siswa setelah pemberian treatment berupa metode belajar mind mapping pada Standar Kompetensi menerapkan dasar-dasar teknik digital lebih besar dari KKM sekolah (75).

Kata Kunci:Perangkat pembelajaran, Mind Mapping, R&D

Abstract

The background of this research is still use conventional learning model in educational institutions. In the conventional learning model, students are required to master the material less active so the effect on student learning outcomes. On the development of learning tools using mind mapping learning methods, is expected to improve student learning outcomes and students can learn actively.

The method used is research development using the R & D. Steps in the development of research have 7 stages namely (1) the stage of potential and problems; (2) the stage of data collection; (3) the product design stage; (4) design validation phase; (5) the stage of design revisions; (6 ) phase of product testing; (7) the stage of product revision.

The tests showed that the study peripheral used with mind mapping teaching methods otherwise well, with details as follows: (1) Silabus 78.35%, (2) RPP 76.67%, (3) LKS 78%, (4) LP. Pengetahuan of 74.25%, (5) LP. Proses dan psikomotor 73.86%, and (6) 79.69% teaching materials. It can be concluded that all the instruments developed in the study peripheral is valid and worth using. Furthermore, students responded very well to the implementation of learning with mind mapping methods shown with an average interest of 88.76% of students responded very well. Classical learning completeness percentage of 93.94% and the average value of class 81.97, which means mastery learning classical complete. Meanwhile, if viewed from the t test known that t for 7265 where the value is greater t be compared to the table for 1697, which means completeness student learning outcomes after the treatment is a method of learning mind mapping on Competency Standards apply the basics of digital techniques is greater than KKM (75).

Keywords:Study Pheriperal, Mindd mapping, R&D

 

Author Biography

Angga Candra Agus Setiawan, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
Agus Setiawan, A. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 17