PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUIS KELOMPOK (TEAM QUIZ AND STUDENT INSTRUCTOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Muhammad Ibnu Cholid Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Metode pembelajaran adalah salah satu alat yang harus ada dalam sebuah kegiatan belajar mengajar, kegiatan belajar yang banyak melibatkan siswa dalam praktikum harus memiliki metode yang inovatif , sehingga sauna belajar menjadi menyenangkan. Proses pembelajaran yang ada di SMK Negeri 7 masih menggunakan metode yang konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi pengaruh dari penggunaan metode pembelajaran Quis kelompok (Team Quiz and Student Instructor) terhadap hasil belajar siswa. Standar kompetensi dalam penelitian ini adalah pengendali elektromagnetik di SMK Negeri 7 Surabaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah,  Bagaimana pengaruh metode pembelajaran quis kelompok  terhadap hasil belajar siswa.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment design, dengan desain one group pretest-posttes design. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 SMK Negeri 7 Surabaya. Kemudian untuk mengetahui perubahan hasil belajar, digunakan teknik analisis uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perubahan hasil belajar siswa, yakni ditandai dengan hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 53,38 dan nilai post-test sebesar 83,12. Hal ini menunjukan metode yang digunakan berdampak baik pada nilai siswa.

Kata kunci: Metode, hasil belajar, nilai tes

Abstract

The learning method is one tool that should be present in a teaching and learning activities , and learning activities that involve students in the lab must have an innovative method , so that steam learning fun . The process of learning in SMK Negeri 7 is still using conventional methods . This study aimed to obtain information about the effect of the use of learning methods Quis group ( Quiz Team and Student Instructor ) on student learning outcomes . The standard of competence in this study is the controlling electromagnetic SMK Negeri 7 Surabaya . The problem of this study is ,How does learning methods quis group on learning outcomes of students .

This study aims to obtain information effect of learning methods group to result of learning. The standard of competence in this study is the electromagnetic control in SMK Negeri 7 Surabaya. The method used is a quasi experimental design with the design of one group pretest-posttest design. Subjects in this study were students of class XI TITL 1 SMK Negeri 7 Surabya. Then to find out the differences in the results of learning to use the t-test analysis techniques. The results showed that: there is alteration the result of learning that showed by value of pretest an average  of 53.38  and value of post test of 83.12. This shows the methods used have an impact both on the value of the student .

Keywords : Methods , learning outcomes , the value of the test

 

Author Biographies

Muhammad Ibnu Cholid, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
Cholid, M., & Rusimamto, P. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUIS KELOMPOK (TEAM QUIZ AND STUDENT INSTRUCTOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 31