PENGEMBANGAN MODUL OP-AMP PADA MATA KULIAH RANGKAIAN ELEKTRONIKA II DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Abstrak
Modul merupakan media pembelajaran yang tepat untuk mata kuliah Rangkaian Elektronika II, khususnya di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat validitas modul dan trainer dari para ahli, (2) mengetahui respon mahasiswa terhadap modul dan trainer yang dibuat, dan (3) mengetahui hasil pengujian trainer.Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D).Modul dan trainer yang dibuat, divalidasi oleh tiga dosen ahli lalu diuji cobakan pada 50 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2013. Hasil validasi modul bernilai 73,75% yang berarti mempunyai nilai pada kategori baik. Hasil validasi trainer bernilai 67,7% yang berarti mempunyai nilai pada kategori baik. Hasil respon mahasiswa terhadap modul dan trainer bernilai 79,33% yang berarti mempunyai nilai pada kategori sangat baik.
Kata Kunci: media pembelajaran, modul, trainer.
Abstract
The module is an appropriate learning media for subjects Electronic Circuit II, especially in the Department of Electrical Engineering, State University of Surabaya. The purpose of this study were (1) determine the level of validity of the module and trainer of experts, (2) determine the response of students to the module and trainers are made, and (3) determine the results of testing trainer. The method used is the Research and Development (R & D). Modules and trainers made, validated by three expert lecturers then tested on 50 students of Electrical Engineering Education S1 force in 2013. Results of the validation module is worth 73.75%, which means it has value in both categories. Results of the validation trainer worth 67.7% which means it has value in both categories. Results of student responses to the module and trainer worth 79.33%, which means it has a very good value in the category.
Keywords: learning media, modules, trainer.
PDF Downloads: 99