RANCANG BANGUN ELECTRONIC GAME PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI MODEL ATOM BAHAN SEMIKONDUKTOR DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

  • Radhitya Dwi Hadnianto Nugroho Jurusan Teknik Eelektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Eelektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Flash yang akan diaplikasikan untuk siswa kelas X TEI di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Materi yang disajikan adalah materi memahami model atom bahan semikonduktor. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 10 (sepuluh) tahapan yaitu tahapan alisis masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal.  Tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tujuh tahap dan diakhiri dengan tahapan alias dan pelaporan hal ini dikarenakan tidak diproduksi dalam skala yang besar (ruang lingkupnya hanya terbatas pada satu sekolah saja). Hasil penelitian pengembangan ini diperoleh dari hasil penilaian validator menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dinyatakan layak digunakan dan sangat valid. Adapun penilaian yang diberikan pada tiap-tiap pernyataan adalah sebagai berikut: dari aspek format dalam pembelajaran electronic game inidinyatakan memenuhi syarat (sangat baik) dengan hasil rating 82,87 %. Adapun rinciannya adalah aspek format dalam pembelajaran electronic game ini dinyatakan sangat baik dengan rating 85.71 %, aspek ilustrasi dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 85.94%, aspek bahasa dinyatakan baik dengan hasil rating 75%, dan aspek isi dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 84.82% sehingga media electronic game dinyatakan layak digunakan untuk proses pembelajaran pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor, sedangkan respon siswa terhadap media pembelajaran electronic game  ini adalah sangat baik dengan hasil rating 79.36 %. Adapun rinciannya adalah Desain media electronic game sebesar 78.59%, Isi materi pada media electronic game sebesar 79.36%, dan Respon siswa terhadap media electronic game sebesar 80.13%, sehingga hasil hasil respon menunjukkan bahwa keseluruhan aspek media pembelajaran electronic game pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor termasuk dalam kategori Sangat Baik.

Kata Kunci:Media Pembelajaran Interaktif, electronic game, Respon siswa

Abstract

This research constitute development of teaching media. The research intended to produce the interactive teaching media within Flash that will be applied for students grade X TEI in SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. The material that will be described is understanding atom model of semiconductor stuff material. The term of this research is Research and Development (R&D). In this case, it has contain 10 (ten) steps that is problem of analysis phase, data of gathering phase, product of design phase, validation of design phase, design of revision phase, test of product phase, revision product, testing the product, revision of product, massive production. Yet on this research only be done until seven phase and ended with analyze phase and report for this one caused have not been produced in big scale (the area is limited on one school only). The result of this development research is occured from the result of validator’s judging that shows this media of teaching could be used deservely and really valid. As for the assesment that be given on every statement as format aspect in electronic’s game teaching that fulfil terms (very good) with result of rating 82.87 %. As for the details is format aspect in this teaching of electronic’s game stated really good with the result rating 85.71 %, ilustration aspect could be definied with the result rating 85.94 %, the language aspect could be definied really good with the result rating 75 %, and the contain aspect could be definied really good with the result rating 84.82 % so the media of electronic game could be defined qualified for teaching process on base competency understanding model of atom material semiconductor, while the responds from students with teaching media of electronic game is really good with the result of rating 79.36 % and the student’s responds with media of electronic game is 78.59 %, contains of the material on media of electronic game is about 79.36 %. The details for design of media electronic is about 78.59 %, the contains on media of electronic game is about 79.36 %, and the responds of students about media of electronic game is about 80.13 %, so the results of responds show that all of the aspect media of teaching on the electronic game on base competency understanding the model of material semiconductor atom include on really good category.

Key Words: Teaching media interactive, electronic’s game, students  responds

Author Biographies

Radhitya Dwi Hadnianto Nugroho, Jurusan Teknik Eelektro FT UNESA
Jurusan Teknik Eelektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Eelektro FT UNESA
Jurusan Teknik Eelektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
Nugroho, R. D., & ., L. (2015). RANCANG BANGUN ELECTRONIC GAME PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI MODEL ATOM BAHAN SEMIKONDUKTOR DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 13