PENGARUH PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI CD PLAYER KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • A Shofi Musyahidin . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nur Kholis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian dengan memadukan model pembelajaran kooperatif think pair share dengan metode guided note taking ini lebih menekankan agar siswa berinteraksi dan berbagi pemahaman dengan teman mereka sendiri untuk memahami materi yang telah diajarkan, sehingga kemampuan penguasaan materi tidak hanya didapat dari guru tetapi juga dari teman mereka sendiri serta ditunjang dengan catatan terbimbing (handout) agar materi yang mereka dapat tidak hanya ada dalam pemahaman mereka tetapi juga ada di catatan yang mereka tulis sendiri.

Jenis peneltian ini merupakan penelitian Quasi Experimental (Nonequivalent Group Comparison) yang terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas XI TAV 2 dan satu kelas control yaitu kelas XI TAV 3. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Surabaya.

Respon para ahli terhadap kelayakan perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode guided note taking adalah dinyatakan layak digunakan untuk pembelajaran, dengan hasil rating validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 79,583%, Bahan Ajar 75,589%. Sedangkan hasil rating untuk respon siswa terhadap pembelajaran ini sebesar 83,97%. Untuk hasil belajar siswa didapatkan ttest sebesar 8,755 dan ttabel sebesar 1,67. Pada pengujian hipotesis dengan uji-t satu pihak kanan dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang menggunakan perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode guided note taking lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada Standar Kompetensi Memperbaiki CD Player kelas XI TAV SMK  Negeri 2 Surabaya.

Kata kunci : model, metode,  hasil belajar dan respon siswa.

Abstract

Research with blending of cooperative learning model think pair share type and guided note taking methode is more emphasis on interaction and sharing with friends their own understanding to understand the material that has been taught , so that not only the ability mastery of the material obtained from the teacher but also from their own friends and supported by the guided notes (handouts) so that the material that they can not only exist in the their understanding but also on record that they wrote themselves

This research is a type of Quasi Experimental research (Nonequivalent Group Comparison) consisting of one experimental class is class XI TAV 2 and a control class that is class XI TAV 3.This research was conducted at SMK Negeri 2 Surabaya.

Response to experts on the feasibility of blend of cooperative learning model think pair share type and guided note taking methode is declared fit for use for learning, with a rating of validation results Lesson Plan (RPP) 79.583 %, 75.589 % Instructional Materials. While the rating results for students' response to the learning of 83.97 %. For student learning outcomes obtained t test was 8.755 and t tables of 1.67. In testing the hypothesis with t-test of the right hand can be concluded that student learning outcomes using blend of cooperative learning model think pair share type and guided note taking methode better than students using the conventional learning methode on competency standard cd player repair TAV class XI SMK Negeri 2 Surabaya.

Keywords : model, methode, learning outcomes and student response.

Author Biographies

A Shofi Musyahidin ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nur Kholis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
., A. S., & ., N. (2015). PENGARUH PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI CD PLAYER KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 96