PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Jati Widyatmoko . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dibandingkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK Negeri 7 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen (Nonequivalent Control Group Design). Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes hasil belajar (pree-test dan post-test). Prosedur dalam penelitian ini, yaitu tahap persiapan dan perencanaan penelitian, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir.Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (X-TIPTL 1) adalah sebesar 87,08 dengan standar deviasi sebesar 5,23 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol (X-TIPTL 2) adalah sebesar 79,30 dengan standar deviasi sebesar 7.89, dengan hasil perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel, yaitu nilai thitung 3.82 dan ttabel pada taraf signifikansinya 5% (0,05) adalah 1,67. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) mempunyai nilai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Harapan yang dapat peneliti sampaikan, hendaknya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat dikembangkan dan digunakan dalam proses belajar mengajar dengan sebelumnya melakukan telaah kompetensi yang ingin dicapai sehingga penerapannya sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai dan hasilnya lebih maksimal.

Kata kunci : Kooperatif, Tipe Numbered Head Together (NHT), Student Teams Achievement Divisions (STAD), hasil belajar.

Abstract

This research aims to find out if learning outcomes students use Cooperative Learning Model of type Numbered Head Together (NHT) better than the Cooperative Learning Model of type Student Teams Achievement Division (STAD) on standards of competence apply the lesson in electrical basic and measure in SMK Negeri 7 Surabaya.The research design used was a Quasi experiment (Nonequivalent Control Group Design). The collection of data in this study were obtained through the test results of the study (pree-test and post-test). The procedures in this study, namely the stage of preparation and planning, research implementation phase, and the final stage. From the results obtained, shows that: (1) average the results of learning classroom experiment (X-TIPTL 1) is the area of 87,08 with a standard deviation of 5, 23 and the average results of learning control class (X-TIPTL 2) is equal to the standard deviation of 79,30 7.89, with the results of the calculation of t-test to come by thitung > ttabel, i.e. the value of thitung 3.82 and ttabel on their significance level of 5% (0.05) was 1.67. Based on the results of the above research, then it can be inferred that the class that uses this type of Cooperative Learning Model Numbered Head Together (NHT) has the value of the results of learning better than classroom Learning Model that uses a Cooperative type of Student Teams Achievement Division (STAD). Hope that can tell researchers, it should Cooperative Learning Model of type Numbered Head Together (NHT) could be developed and used in the process of teaching and learning by conducting an examination of competence to be achieved so that its application complies with the competencies to be achieved and the result is the maximum.

Keywords : Cooperative, Numbered Head Together (NHT), Student Teams Achievement Divisions (STAD), learning outcomes.

Author Biographies

Jati Widyatmoko ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
., J., & Rusimamto, P. (2015). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 124