PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 2 BOJONEGORO

  • M. Khanif Alwi . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. (2) Mengetahui perbedaan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental desigen dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Posttes Only Control Group Desigen”. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMKN 2 Bojonegoro. Pengambilan sampel dilakukan dengan secara acak. Kelas X TITL 2 sebagai kelas eksperimen dan X TITL 1 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Rata-rata  hasil belajar sebesar 77,33 untuk kelas eksperimen dan 68,53 untuk kelas kontrol; (2) Keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS)  lebih baik dibandingkan dengan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Rata-rata hasil pengamatan keaktifan belajar siswa sebesar 77,5% untuk kelas eksperimen dan 69,79% untuk kelas kontrol.

Kata kunci  : pembelajaran kooperatif, pembelajaran langsung, hasil belajar,  keaktifan belajar.

Abstract

This research aim to: (1) Determine the difference of student learning outcomes using cooperative learning model type Two Stay Two Stray (TSTS) with of student learning outcomes using direct learning model. (2) Knowing the differences in students' learning activity that uses cooperative learning model type Two Stay Two Stray (TSTS) with active student learning using learning model directly.

The research method used was experimental desigen true with research design used is "Posttes Only Control Group Desigen". The subjects of this study were all students of class X TITL SMKN 2 Bojonegoro. Sampling was done randomly. Class X TITL 2 as classroom experiments and X TITL 1 as the control classes. While to know the differences in the results of their study used techniques of data analysis t-test.

The results showed that: (1) The results of student learning using cooperative learning model type Two Stay Two Stray (TSTS) better than the results of student learning using learning model directly. The average yield of 77.333 for classroom learning experiments and 68.533 for the control class, (2) Motivation student learning using cooperative learning model type Two Stay Two Stray (TSTS) better than the activity of student learning using learning model directly. Average student activity observed at 77.5% for the experimental class and 69.79% for the control class.

Keywords:  Cooperative learning, direct instruction, learning outcomes, activeness study.

Author Biographies

M. Khanif Alwi ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., M. K., & Rusimamto, P. (2015). PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 2 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 21