PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER BASED INSTRUCTION PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN KONSEP KELISTRIKAN DI SMA NEGERI 2 BANGKALAN

  • Anggie Pramulya Teguh P Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa yang menggunakan model pembelajaran computer based instruction ( CBI ) dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran computer based instruction ( CBI ) atau hanya memakai model pembelajaran langsung (MPL).

Metode yang digunakan adalah True Ekperimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Posstest Only Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Bangkalan. Diambil sampel sebanyak 2 kelas, kelas X-I sebagai kelas eksperimen dan X-H sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil postest pada siswa sesudah menggunakan model pembelajaran computer based instruction ( CBI ) memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Langsung (MPL). Dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (X-I) adalah 85,8 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol (X-H) adalah 79,1 serta diperoleh thitung = 5,810 > ttabel = 1,671 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran computer based instruction ( CBI ) lebih baik dibandingkan dengan Model Pembelajaran Langsung (MPL).

Kata kunci : model pembelajaran computer based instruction, hasil belajar siswa, respon siswa.

Abstract

This study aims to determine the learning outcomes and student responses using model computer-based instruction (CBI) with students who do not use a computer learning model based instruction (CBI) or just use the direct learning model (MPL)

.               The method used is a True Ekperimental Design to study design used is "Posstest Only Control Design". The population in this study were students of class X SMA 2 Bangkalan. Sample taken two classes, a class XI as an experimental class and XH as a control class. While the results of their study to determine differences in data analysis techniques used t-test.

The results showed that the students' post-test results after using the learning model of computer-based instruction (CBI) has a higher learning outcomes compared with the learning outcomes of students who use Direct Learning Model (MPL). With an average of the results of experimental class learning (XI) is 85.8 and the average results of classroom learning control (XH) is 79.1 and the obtained t = 5.810> table = 1.671 with a significance level of 5%. It shows that the application of learning models of computer-based instruction (CBI) is better than the Direct Learning Model (MPL).

Keywords : computer based instruction model, student learning outcomes, student responses.

Author Biographies

Anggie Pramulya Teguh P, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
Teguh P, A., & Asto B, I. G. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER BASED INSTRUCTION PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN KONSEP KELISTRIKAN DI SMA NEGERI 2 BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 151