PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIKA DASAR PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA TERHADAP SISWA DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN

  • Chandra Ainur Rizki Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Observasi yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa di SMK Negeri 2 Bangkalan memang mempunyai pegangan pembelajaran berupa modul tapi modul yang digunakan belum sesuai dengan potensi siswa dan kurang sesuai dengan standar modul, jadi secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi siswa di SMK Negeri 2 Bangkalan dan kualitas modul pembelajaran.

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ini dikembangkan modul pembelajaran. Pengembangan modul pembelajaran ini mengacu pada pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X TEI 1.

Rancangan uji coba yang digunakan untuk pengambilan data adalah desain pengembangan 4D yang menghasilkan data sebagai berikut, hasil validasi dosen UNESA serta guru SMK mendapat rata – rata dari kelayakan dengan nilai validitas sebesar 85%, yang berdasarkan analisis hasil validasi modul 3 aspek, yaitu bahasa, isi dan cover. Respon siswa terhadap modul elektronika dasar sangat baik, dengan persentase tampilan modul sebesar 78.08 %. Sedangkan kemudahan dalam memahami modul dengan presentase rata – rata 88.3 %. Jadi hasil keseluruhan modul ini mendapat presentase sebesar 83,19% maka dapat disimpulkan bahwa dapat/ layak digunakan.Dari pernyataan tersebut bahwa respon belajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran meningkat dibandingkan dengan siswa sebelum menggunakan modul pembelajaran. Saran dari peneliti adalah dalam pengembangan modul hendaknya tidak hanya pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika saja diharapkan pengembangan modul bisa menyeluruh untuk semua standar kompetensi agar dapat membantu siswa dalam pembelajaran, dan pengembangan modul selanjutnya diharapkan memberikan konsep yang lebih bagus dan lebih menarik siswa untuk lebih menyenangi melakukan pembelajaran sendiri dengan modul agar meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran dan respon siswa.

Abstract

Observations made by researcher, showed that studetnt at SMKN 2 Bangkalan already have a learning guide as module, but the module is not in accordance with student potency and less accordance with standard modules. So in general, thi research aims to determine the potential of student at SMKN 2 Bangkalan and the quality af the learning module.

This research was classified as development research because in this research was developed learning module. This development learning module was points on development learning module was point on development of 4D ( Define, Design, Develop, and Disseminate). Subject of this research is 30 student in  X TEI 1 class.

The design of trial that used for data retrieval is 4D development design that produces this following data : The result of the validation from UNESA’s lecturer and SMK’s teacher, received an average of eligibility with the validity value by 85% which based from analysis the result of validation 3 aspect module, there are language, content and cover. Student’s response to the basic electronics module was very good, with percentage of display module amounting to 78,08% and based on the case of understanding the module with average percentage by 88,3%. So, the overall result of this module gets a percentage of 83,19%. Therefore, it can be concluded that this module can be and fit for use. From these statement, it is evident that the response of stuent learning increased after using the module. Suggestions from researcher is, in development of module should not only refer to the standart of competence to apply the basics of electronics course. Expected development of the module can be through for all standards of competence in order to assist students in learning. And in the develompent of the next module, which is expected to provide a better concept and can attract student to be happy doing their own learning using the module in order to improve learning result.

Key word : Development of Learning and Student Response.

Author Biographies

Chandra Ainur Rizki, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
Rizki, C., & Asto B, I. G. (2015). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIKA DASAR PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA TERHADAP SISWA DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 85