PENGEMBANGAN TRAINER MIKROKONTROLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • Akhmad Hariyadi . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nur Kholis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan rangkaian trainer mikrokontroler yang menggunakan IC tipe AT89S51 pada mata pelajaran mikroprosesor, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran mikroprosesor yang menggunakan trainer mikrokontroler AT89S51 sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi jobsheet, validasi trainer, validasi angket respon siswa, dan hasil rating angket respon siswa. Hasil penelitian antara lain: (1) validasi trainer sebesar 90,36%, dapat disimpulkan bahwa trainer mikrokontroler AT89S51 mempunyai nilai kategori sangat layak; (2) validasi jobsheet sebesar 93,57%, dapat disimpulkan bahwa jobsheet mikrokontroler AT89S51 mempunyai nilai kategori sangat layak; (3) validasi angket respon siswa sebesar 90,62%, dapat disimpulkan bahwa angket respon yang akan digunakan untuk menilai respon siswa terhadap trainer dan jobsheet mikrokontroler AT89S51 tersebut  mempunyai nilai kategori sangat layak; Dan (4) hasil rating respon siswa terhadap media trainer dan jobsheet sebesar 80,01% , dapat disimpulkan bahwa siswa setuju dengan hasil pengembangan trainer dan jobsheet mikrokontroler AT89S51 tersebut untuk digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran teknik mikroprosesor.

Kata kunci: Mikrokontroler, Pengembangan Trainer dan jobsheet, respon siswa

 

Abstract

This study aims to determine the feasibility of using a microcontroller trainer circuit type IC AT89S51 on the subjects of microprocessors, as well as to determine the students' response to learning that uses a microprocessor AT89S51 microcontroller trainer as a learning media. This type of research is the development of research. Data were obtained from the results of the validation jobsheet, trainer validation, validation of student questionnaire responses, and the results of a questionnaire rating the students' responses. Results of the study include: (1) validation trainer at 90.36%, it can be concluded that the AT89S51 microcontroller trainer has a very decent value category; (2) validation jobsheet amounted to 93.57%, it can be concluded that the jobsheet AT89S51 microcontroller has a very decent value category; (3) validation of student questionnaire responses amounted to 90.62%, it can be concluded that the questionnaire responses that will be used to assess the student's response to the AT89S51 microcontroller trainer and jobsheet has a very decent value category; And (4) the results of rating students' response to media trainer and jobsheet amounted to 80.01%, it can be concluded that students agree with the results of the development of AT89S51 microcontroller trainers and jobsheet for use in teaching on the subjects of microprocessor techniques.

Keywords: Microcontroller, Trainer and jobsheet development, student response

 

Author Biographies

Akhmad Hariyadi ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nur Kholis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., A., & ., N. (2015). PENGEMBANGAN TRAINER MIKROKONTROLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 48