PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Dzikrullah Fahmi Irawan Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nur Kholis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TANDUR dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di SMKN 2 Surabaya dan respon siswa terhadap model pembelajaran ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan di SMKN 2 Surabaya pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan sampel siswa kelas X TAV 3 dan X TAV 4. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimental design dengan tipe “nonequivalent control group design”. Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengukur hasil belajar siswa dengan instrumen berupa lembar tes tulis dan metode angket untuk mengetahui respon siswa dengan instrumen lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan  uji-t menggunakan rumus diperoleh rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TANDUR sebesar 75,0667 dan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 62,5667. Dalam pengujian hipotesis dengan uji-t satu pihak didapatkan nilai thitung manual sebesar 4,2129 dan thitung SPSS sebesar 4,403 sedangkan ttabel atau t(1-α) sebesar 1,68, yang berarti thitung>ttabel, dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran TANDUR berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Pada analisis respon siswa didapatkan nilai rata-rata respon siswa sebesar 80,42 % yang berarti respon siswa positif terhadap model pembelajaran ini.

Kata kunci: TANDUR, elektonika, hasil belajar

 

Abstract

The research is aimed to understand the influence of TANDUR learning model compare with conventional model on basic of electronics technique in SMKN 2 Surabaya and student’s response of this learning model. The research was located in SMKN 2 Surabaya at even semester years 2014/2015. The samples are X TAV 3 class and X TAV 4 class. The research is experimental research with quasi experimental design and nonequivalent control group design of type. The data collection used test method to measured students’ learning output by test sheet instrument and questionnaire method to know students’ response byquestionnaire sheet instrument. The output research showed that TANDUR model gave positive influential to students’ learning output. This case showed from t-test use formula that average of students’ learning output 75,0667  for TANDUR learning model and 62,5667 for conventional model. The hypothesis testing by t-test one side showed that manual tcalculate was 4,2129 and SPPS tcalculate was 4,403(t(1-α) is1,68) that’s mean tcalculate>ttable, so the conclusion is TANDUR learning model give positive influence in output learning better than conventional learning model. The analyze of students’ response showed average of students’ response was 80,42 % . It means students gave positive response to TANDUR learning model.

Keywords: TANDUR, electronics, learning output

Author Biographies

Dzikrullah Fahmi Irawan, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nur Kholis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Irawan, D., & ., N. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 42