PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEREKAM AUDIO DISTUDIO DISMKN 2 SURABAYA

  • Guguh Gumilar . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Edy Sulistyo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran aktif Guided Teaching.Karena kurangnya media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar siswa di SMK diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran sekolah setempat.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Perlakuan pertama yaitu menunjukkan proses pembelajaran sebelum dilakukan pembelajaran kemudian memberikan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran aktif Guided Teachingdan terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Adapun perangkat pembelajaran yang di gunakan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan LKS.Hasil validasi yang dilakukan oleh pakar menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang di gunakan dinyatakan valid.Dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebagian besar nilai siswa dapat dicapai dengan baik. Diketahui bahwa t-test sebesar 3.478 dan t-tabel sebesar 1,67. Berdasarkanhasilpenelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif Guided Teaching mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata kunci:Model Pembelajaran Aktif Guided Teaching, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Background conducted this study to determine the results of learning to use active learning model Guided Teaching. Because of the lack of media that can support the learning process of students in vocational expected to improve student learning outcomes.This study aims to : Knowing the difference in learning outcomes of students who use the Guided Teaching model of higher learning with students who use the local school learning model .

Methods of data collection in this study was obtained through , the questionnaire responses of students , and student learning outcomes were analyzed descriptively quantitatively expressed as a percentage.The first treatment that shows the learning process before learning then provides the learning process using active learning model Teaching and Guided last held post-test to determine student learning outcomes.

Then learning instrument used is syllabi, lesson plan, and work sheet. Valid value that done by master shows that lesson plan used is valid. From lesson result, student show almost value that reached by student well. Known that t-test is 3.478 and t-table is 1,67. Beside on research, I can conclude that active learning model Guided Teaching has learning result better than learning model direct instruction.

Key words: The learning model Guided Teaching, Student Learning Outcomes.

Author Biographies

Guguh Gumilar ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Edy Sulistyo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
., G., & ., E. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEREKAM AUDIO DISTUDIO DISMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 144