PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI RADIO PENERIMA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • MOCHAMMAD moestofa MOESTOFA jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada standar kompetensi memperbaiki radio penerima di SMK Negeri 3 Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “Non Equivalent Control Grup Design”.

Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan uji-t sedangkan untuk aktivitas siswa selama praktik dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dinyatakan dalam persentase. Perlakuan pertama yaitu memberikan pengetahuan awal berupa penjelasan mengenai dasar-dasar dari kompetensi yang akan diajarkan. Langkah berikutnya,  guru memberikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada kelas XI AV 3 dan model pembelajaran berdasarkan masalah pada kelas XI AV 2, dan terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode Pembelajaran konvensional dengan rata-rata hasil belajar 83.84 dan 79.258. (2) Hasil analisa aktivitas siswa selama praktik terhadap keseluruhan aspek pada lembar pengamatan aktivitas siswa dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berdasarkan masalah layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Model pembelajaran berdasarkan masalah, metode pembelajaran konvensional, hasil belajar siswa.

 

ABSTRACT

 

This study aimed to determine whether student learning outcomes using the model of problem-based learning is better than conventional learning methods in the standard of competence on the radio receiver in SMK Negeri 3 Surabaya. The study design used was "Non Equivalent Control Group Design".

In this study, the data collection method used is through tests of student learning outcomes were analyzed using t-test, while for the student activity during practice were analyzed descriptively and quantitatively expressed as a percentage. The first treatment is to give initial knowledge in the form of an explanation of the basics of the competencies that will be taught. The next step, the teacher provides the learning process by using conventional teaching methods in class XI TAV 3 and problem based learning model in class XI TAV 2, and last held the post-test to determine student learning outcomes.

Based on these results, it is concluded that: (1) The results of student learning in the classroom using problem-based learning model of higher grade than that using conventional learning methods with an average of 83.84 and 79,258 learning outcomes. (2) The results of the analysis of student activity during practice on all aspects of the observations of the student activity sheet can be concluded that the learning process by using a model of learning by problem very well categorized. This indicates that the problem-based learning models fit for use in the learning process.

Keywords: Model Problem Based Learning, Learning Methods Conventional, Student Learning Outcomes.

Author Biography

MOCHAMMAD moestofa MOESTOFA, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
MOESTOFA, M. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI RADIO PENERIMA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 556