PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT –DISCUSS – EXPLAIN – OBSERVE – DISCUSS - EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Farid Rahmat Ardiyan Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PDEODE dengan pembelajaran langsung pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika di SMKN 2 Surabaya. Serta untuk mengetahui respon siswa terhadap strategi pembelajaran ini. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen yang dilakukan di SMKN 2 Surabaya pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan sampel siswa kelas X TAV 3 dan X TAV 1. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment. Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengukur hasil belajar siswa dengan instrumen berupa lembar tes tulis dan metode angket untuk mengetahui respon siswa dengan instrumen lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PDEODE berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan  uji-t menggunakan rumus diperoleh rata-rata hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran PDEODE sebesar 85 dan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran langsung sebesar 72,9. Dalam pengujian hipotesis dengan uji-t satu pihak didapatkan nilai thitung manual sebesar 5,927 dan thitung SPSS sebesar 5,919 sedangkan ttabel atau t(1-α) sebesar 1,68, yang berarti thitung>ttabel. Pada analisis respon siswa didapatkan nilai rata-rata respon siswa sebesar 87,7% yang berarti respon siswa positif terhadap model pembelajaran ini.

Kata kunci: PDEODE, elektronika, hasil belajar.

 

Abstract

The research is aimed to understand the influence of PDEODE learning strategy compare with direct learning on the basic of competence implement various basic gate logic circuit in SMKN 2 Surabaya. Also to understand the student’s response of this learning strategy. Research method is using experiment was located in SMKN 2 Surabaya at even semester years 2014/2015. The samples are X TAV 3 class and X TAV 1 class. The research is experimental research with quasi experiment. The data collection used test method to measured students’ learning output by test sheet instrument and questionnaire method to know students’ response by questionnaire sheet instrument. The output research showed that PDEODE learning strategy gave positive influential to students’ learning output. This case showed from t-test use formula that average of students’ learning output 85 for PDEODE learning strategy and 72,9 for direct learning. The hypothesis testing by t-test one side showed that manual tcalculate was 5,927 and SPPS tcalculate was 5,919 (t(1-α) is1,68) that’s mean tcalculate>ttable. The analyze of students’ response showed average of students’ response was 87,7% . It means students gave positive response to PDEODE learning strategy.

Keywords: PDEODE, electronica, learning output.

Author Biographies

Farid Rahmat Ardiyan, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Ardiyan, F., & Rusimamto, P. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT –DISCUSS – EXPLAIN – OBSERVE – DISCUSS - EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 103