PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN PENDEKATAN SELF ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA KELAS X TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Briananda Negarawan Mochfaz Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan self assessment dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika kelas X TAV di SMKN 2 Surabaya dan respon siswa terhadap strategi pembelajaran ini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMKN 2 Surabaya pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan sampel siswa kelas X TAV 2 dan X TAV 4. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian Static-Group Comparison. Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengukur hasil belajar siswa dengan instrumen berupa lembar tes tulis dan metode angket untuk mengetahui respon siswa dengan instrumen lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan  uji-t menggunakan rumus diperoleh rata-rata hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan self assessment sebesar 75,0667 dan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 62,5667. Dalam pengujian hipotesis dengan uji-t satu pihak didapatkan nilai thitung manual sebesar 4,2129 dan thitung SPSS sebesar 4,313 sedangkan ttabel atau t(1-α) sebesar 1,68, yang berarti thitung>ttabel, dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan self assessment lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Pada analisis respon siswa didapatkan nilai rata-rata respon siswa sebesar 80,42 % yang berarti respon siswa positif terhadap model pembelajaran ini.

Kata kunci: Guided inquiry, elektonika, hasil belajar

 

Abstract

This study aims to the determine the comparing of guided inquiry learning strategy on cooperative model with self assessment approach with direct learning model on basic of electronics technique in SMKN 2 Surabaya to student’s response. The research was located in SMKN 2 Surabaya at even semester on 2014/2015. The samples are X TAV 2 class and X TAV 4 class. The metode is experimental research with Static-Group Comparison design. The testing metode was used for data collection to measured students’ learning output. Students respond noun by test sheet instrument and questionnaire method to know students’ response by questionnaire sheet instrument. The output research showed that guided inquiry learning strategy with self assessment approach compare with direct learning model gave positive influential to students’ learning output. This case showed from t-test use formula that average of students’ learning output 75,0667  for guided inquiry learning model and 62,5667 for conventional model. The hypothesis testing by t-test one side showed that manual tcalculate was 4,2129 and SPPS tcalculate was 4,313(t(1-α) is1,68) that’s mean tcalculate>ttable, so the conclusion is output learning use guided inquiry learning strategy with self assessment approach better than use direct learning model. The analyze of students’ response showed average of students’ response was 80,42 % . It means students gave positive response to guided inquiry learning strategy with self assessment model compare with conventional learning model.

Keywords: Guided inquiry, electronics, learning output

 

Author Biographies

Briananda Negarawan Mochfaz, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Mochfaz, B., & Rusimamto, P. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN PENDEKATAN SELF ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA KELAS X TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 61