PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA STANDAR KOMPETENSI MEREKAM AUDIO DI STUDIO DI SMKN 2 SURABAYA

  • Yulianto . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Edy Sulistyo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih digunakannya model pembelajaran langsung pada lembaga pendidikan. Pada model pembelajaran langsung, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi secara aktif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pada pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang berbeda, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat belajar secara aktif.

Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu : (1) tahap analisi masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk dan (7) tahap analisa dan pelaporan.

Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan pada model pembelajaran Guided Teaching dinyatakan baik dengan hasil rating 74,185% dan respon siswa terhadap pengembangan perangk0at pembelajaran menggunakan model pembelajaran Guided Teaching dinyatakan baik dengan hasil rating 82,85%. Rata-rata Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,981% dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71,635%. Sedangkan perhitungan menggunakan uji t didapat nilai t hitung 3,501 dan t tabel pada taraf signifikan 5% (0,05) adalah 1,67. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided teaching mempunyai nilai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata kunci: Model Pembelajaran Langsung, Perangkat Pembelajaran.

 

Abstract

Background of this research is still the use of direct learning models in institute education. In the direct learning model, students are required to master the material is less active so that have an in with the result learn the student. At development of study peripheral use the Direct instructional model, expected can improve the result learn the student and student can learn actively.

Research method is using research and development (R & D). In research there are seven stages ) namely: (1) the stage analisi problem, (2) the stage data, (3) the stage design a product, (4) the stage validation design, (5) the stage revision design, (6) the step of experiment products and (7) phase analysis and reporting.

The tests show that the development of learning tools using the learning model of Guided Teaching is declared good with the results of 74,185% rating and students response to development of learning tools using Guided Teaching otherwise good learning model with the rating of 82.85%. The average results of student learning in the classroom experiment at 80,981% and the average value of the control class at 71,635%. While the calculations obtained using t test t value 3.501 and t tables at the significant level of 5% (0.05) is 1,67.  Based on the above results, it can be concluded that the class that uses the development of learning tools using a model of the Guided Teaching has the value of learning a better learning results than the class using direct learning models.

Keywords: Direct Instructional Model, Study Peripheral.

Author Biographies

Yulianto . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Edy Sulistyo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., Y., & ., E. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA STANDAR KOMPETENSI MEREKAM AUDIO DI STUDIO DI SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 24