PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KWL (KNOW, WANT, LEARN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Anggun Budi Santoso Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran KWL (Know, Want, Learn) dengan metode ceramah, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian menggunakan metode pembelajaran KWL (Know, Want, Learn) pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika di kelas X AV.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan “Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AV SMK Negeri 2 Surabaya, sedangkan untuk sampel diambil dari dua kelas yaitu kelas X AV 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X AV 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan uji-t.

Dari hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,22 dan kelas kontrol sebesar 78,81. Sedangkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 4,694 dan ttabel sebesar 1,671. Dengan demikian maka thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran KWL (Know, Want, Learn) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah.

Kata Kunci : Metode pembelajaran KWL (Know, Want, Learn), hasil belajar.

Abstract

The purpose of this study is determine whether there is a difference between student learning outcomes KWL (Know, Want, Learn) learning methods with lecture, therefore researches conducted studies using the learning method of KWL (Know, Want, Learn) on basic competence to apply various basic gate logic circuit in class X AV.

The research method using quasi experiment with design “Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design”. The research population is class X AV SMK Negeri 2 Surabaya, whereas for the samples taken from the two classes namely X AV 1 as a control class and the class as a class experiment X AV 3. Data analysis techniques to determine the difference in learning outcomes using t-test.

Student learning outcomes obtained an average value of the experimental class of 83,22 and control class is 78,81. Whereas the t-test results obtained tcount equal to 4,694 and ttable of 1,671. Thus the tcount > ttable, so it can be concluded that the results of student learning using the learning metode of KWL (Know, Want, Learn) better than the learning outcomes of students who use the lecture method.

Keywords : KWL (Know, Want, Learn) learning method, learning outcomes.

Author Biographies

Anggun Budi Santoso, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Santoso, A., & Asto B, I. G. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KWL (KNOW, WANT, LEARN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 85