PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN SISTEM MIKROKONTROLLER DI SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

  • TRIO firmansyah FIRMANSYAH jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada standar kompetensi menerapkan sistem mikrokontroller di SMKN 3 boyolangu tulungagung. Selain itu, penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI dan pembelajaran konvensional. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa produk perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dengan metode kooperatif tipe TAI yaitu : RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), LKS (Lembar Kerja Siswa), LP (Lembar Penilaian) dan buku ajar.

Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) oleh Sugiyono yang memiliki sepuluh langkah pengembangan dan dimodifikasi oleh peneliti hanya menggunakan tujuh tahap yaitu tahap analisa masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi produk, tahap revisi Produk, tahap ujicoba produk, dan diakhiri dengan analisa dan pelaporan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe TAI dinyatakan valid dengan hasil rating 76,12%, hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada standar kompetensi menerapkan sistem mikrokontroller, dan respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TAI dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 88,65% sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan pada proses belajar mengajar.

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization), hasil belajar

Abstract

This research which aims to develop the type of cooperative learning methods TAI (Team Assisted Individualization) the standard of competence in applying the system microcontroller SMKN 3 boyolangu tulungagung. In addition, the study was to determine differences in student learning outcomes using TAI type of cooperative learning and conventional learning. The results of the research and development of this form of learning software products that have been developed by the cooperative method TAI types are: RPP (Learning Implementation Plan), LKS (Student Worksheet), LP (Sheet Assessment) and textbooks.

The method used in this study using the Research and Development (R & D) by Sugiyono who has ten steps of development and modified by the researcher only uses seven stages, the stages of problem analysis, data collection phase, the product design stage, the stage of product validation phase, the revised products, product testing phase, and ending with analysis and reporting.

The results showed that the type of cooperative learning TAI rating result declared invalid by 76.12%, the results of student learning using cooperative learning is better than TAI types of student learning outcomes using conventional learning competency standards implemented microcontroller system, and the response of students towards learning TAI type cooperative otherwise excellent rating with 88.65% yield learning tools developed so fit for use in the teaching and learning process.

Keywords: Learning tools, cooperative learning team assisted individualization type, students result

Author Biography

TRIO firmansyah FIRMANSYAH, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
FIRMANSYAH, T. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN SISTEM MIKROKONTROLLER DI SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 38