PENERAPAN MEDIA PAPAN SIMBOL ELEKTRONIKA DENGAN KOLABORASI MULTIMETER MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMK KAL 1 SURABAYA

  • Farghani Icmiardhika . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar ranah psikomotor dan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunkaan media papan simbol elektronika dengan kolaborasi multimeter menggunkaan model pembelajaran berdasarkan masalah  pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di kelas X TAV SMK KAL 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study. Pengambilan sampel tidak dipilih secara acak. Data penelitian berupa hasil belajar ranah psikomotor siswa diambil dengan teknik pengamatan praktik. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakaan media papan simbol elektronika dengan kolaborasi multimeter menggunkaan model pembelajaran berdasarkan masalah  pada mata pelajaran teknik elektronika dasar yang menunjukkan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 88.89 % dan nilai rata-rata kelas 84.72 yang berarti ketuntasan belajar klasikal tuntas hal ini berasrti ketuntasan hasil belajar siswa setelah pemberian treatment berupa penerapan pembelajaran menggunkaan media papan simbol elektronika dengan kolaborasi multimeter menggunkaan model pembelajaran berdasarkan masalah  pada mata pelajaran teknik elektronika dasar lebih besar dari KKM sekolah (75).

Kata Kunci: Papan Simbol, MPBM, Multimeter

Abstract

This study aimed to determine the thoroughness of psychomotor learning outcomes and feasibility study with the electronic symbol board media collaborative with multimeter used problem based learning in basic electronics engineering subjects in  X TAV class SMK KAL 1 Surabaya. This type of research used in this study is an experimental research type. The study design used is the One Shot Case Study. Samples were not selected randomly. Research data psychomotor learning outcomes of students were taken to the practice of observation techniques. Results of research and data analysis showed that the application of the electronic symbol board media collaborative with multimeter used problem based learning in basic electronics engineering subjects who showed classical learning completeness percentage of 88.89% and the average value of class 84.72, which means complete mastery learning classical , which means completeness student learning outcomes after treatment of the application of the provision of instructional media the electronic symbol board media collaborative with multimeter used problem based learning on basic electronics engineering subjects greater than school pass grade (75).

Keywords: Symbol Board, PBL, Multimeter

Author Biography

Farghani Icmiardhika ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., F. (2015). PENERAPAN MEDIA PAPAN SIMBOL ELEKTRONIKA DENGAN KOLABORASI MULTIMETER MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMK KAL 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 54