PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDART KOMPETENSI MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK SISWA KELAS X MAN 2 BOJONEGORO
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berdasarkan Problem Solving (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan mengunakan model pembelajaran Konvensional (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X/H sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem solving dan kelas X/I sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk analisis data digunakan statistic uji t.
Berdasarkan uji hipotesis 1 didapatkan thitung = 85,02 > ttabel= 1,70 dan = 83,34 > ideal = 50 sehingga hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem solving termasuk kategori tinggi, sedangkan dari uji hipotesis 2 didapatkan thitung = 62,03 > ttabel= 1,70 dan = 72,46 > ideal = 50 sehingga hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional juga dikategorikan tinggi. Untuk uji hipotesis 3 menggunakan uji-t dua pihak diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dari kelompok eksperimen berbeda dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol karena thitung tidak berada pada -t(1-½ α) < thitung < t(1-½ α) dimana nilai thitung sebesar 5,61 sedangkan ttabel atau t(1-½ α) sebesar 2,00.
Kata kunci : Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar
Abstract
The purpose of this study was: (1) to determine student learning outcomes that learned using the learning model based Problem Solving (2) to assess student learning outcomes that learned using conventional learning model (3) to determine differences in learning outcomes of students that learned to use problem solving learning model and conventional learning models
This research was conducted at the MAN 2 Bojonegoro. The method used was Quasi Experimental Design with the study design Nonequivalent Control Group Design. The subjects of this study were students of class X / H as an experimental class that learned using learning model of problem solving and class X / I as a control class that learned using conventional learning models. For statistical data analysis used the t test
Under the first hypothesis test obtained t = 85.02> table = 1.70 and = 83.34> = 50 so that the ideal student learning outcomes using problem solving learning model including high category, while the second hypothesis test obtained t = 62.03> ttabel = 1.70 and = 72.46> = 50 so that the ideal student learning outcomes using conventional learning models are also categorized as high. To test the hypothesis 3 using t-test two parties gained an average student learning outcomes from different experimental groups with average learning outcomes for thitung not control class is at t (1-½ α) <t count <t (1-½ α) where tcount of 5.61 while ttable or t (1-½ α) of 2.00.
Keywords: Problem Based Learning, Direct Instruction, Outcomes of Learning
PDF Downloads: 31