PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE ACTIVE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI CD PLAYER DI SMKN 2 SURABAYA

  • Muchammad Mashudi . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nur Kholis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif dengan metode Active Debate terhadap hasil belajar siswa lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada standar kompetensi memperbaiki CD player di SMK Negeri 2 Surabaya. Dalam penelitian ini, penerapan metode active debate digunakan untuk membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI AV 1 dan XI AV 2. Kelas eksperimen adalah kelas XI AV 1 dengan metode active debate sedangkan kelas kontrol adalah kelas XI AV 2 dengan metode konvensional. Penilaian yang dilakukan meliputi dua ranah, yaitu kognitif dan psikomotor. Untuk hasil belajar siswa didapatkan ttest sebesar 6,642 dan ttabel sebesar 1,667. Pada pengujian hipotesis dengan uji-t satu pihak kanan dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif dengan metode active debate lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada standar kompetensi memperbaiki CD player kelas XI TAV SMKĀ  Negeri 2 Surabaya.

Kata kunci : hasil belajar, active debate, konvensional

Abstract

The purpose of this researched was to determine the effect of active learning model with methods Active Debate on student learning outcomes better than conventional learning models in the competency standards improve CD player in SMK Negeri 2 Surabaya. In this study, the application of active debate the method used to prove that there is a better effect on student learning outcomes. The method used is Nonequivalent Control Group Design. The samples used were students of class XI AV 1 and XI AV 2. Class is a class XI AV experiment 1 by the method of active debate while the control class is the class XI AV 2 by conventional methods. Assessment was conducted on the two domains, namely cognitive and psychomotor. For student learning outcomes obtained t test at 6.642 and 1.667 t table. In the hypothesis testing using t-test of the right hand can be concluded that student learning outcomes using active learning model with methods of active debate better than students who use conventional learning models in the competency standards improve CD player TAV class XI SMK Negeri 2 Surabaya.

Keywords : learning outcomes, active debate, conventional

Author Biographies

Muchammad Mashudi ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nur Kholis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., M., & ., N. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE ACTIVE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI CD PLAYER DI SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 31