PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI CD PLAYER DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • SIGIT agus AGUS MINARNO jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dan mengetahui kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran model active learning dengan strategi learning tournament pada standar kompetensi memperbaiki CD player. Sasaran penelitian yaitu kelas XI AV di SMK Negeri 2 Surabaya tahun ajaran 2012/2013.

Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Dalam peneliti ini hanya menggunakan tujuh tahap yaitu tahap analisis masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk,  dan diakhiri dengan analisis dan pelaporan. Sedangkan untuk analisis data diperoleh dari validasi perangkat pembelajaran, hasil belajar siswa dan angket respon siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam prosentase.

Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti memiliki prosentase rata-rata sebesar 78,44% dari hasil validasi oleh para ahli. (2) Hasil belajar siswa yang dilakukan selama proses pembelajaran memiliki rata-rata prosentase kelas eksperimen 78,75% dan kelas kontrol 71,25%. Pada uji-t adalah thitung = 4,48 dan t tabel 1,67 sehingga jelas terdapat daerah penolakan H0 karena 4,48 > 1,67. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran active learning dengan strategi learning tournament lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang tidak mendapatkan model pembelajaran active learning dengan strategi learning tournament. (3) Respon siswa terhadap pembelajaran secara keseluruhan adalah positif dan termasuk dalam kriteria respon baik dengan rata-rata prosentase respon siswa sebesar 74,17%

Kata Kunci : Active LearningLearning Tournament, Hasil Belajar Siswa.

Abstrac

This study aims to produce a learning device and determine the feasibility of the development of the model study active learning with learning strategies tournament on improving the competency standard CD player. Objective research is a class XI AV in SMK Negeri 2 Surabaya academic year 2012/2013.

This research method is the Research and Development (R & D). Research and development is the research method used to produce a particular product and test the effectiveness of these products. The researcher only uses seven stages, the stage of problem analysis, data collection phase, the design phase product validation stage design, stage design revisions, product testing phase, and ending with analysis and reporting. Meanwhile, to the analysis of data obtained from the validation study , student learning outcomes and students' questionnaire responses were analyzed descriptively quantitatively expressed in percentage.

From the results obtained, show that: (1) The study researchers have developed an average percentage of 78.44% of the results of the validation by experts. (2) The students who performed during the learning process has an average percentage of 78.75% experimental class and grade controls 71.25%. In the t-test is thitung = 4.48 and 1.67 t table so obviously there is the rejection region for H0 4.48> 1.67. Based on the above results it can be concluded that the average student learning outcomes that getting active learning instructional model with learning strategies tournament better than the average student learning outcomes that does not get active learning instructional model with learning strategies tournament. (3) The response of students towards learning are positive overall response criteria and were included in both the average percentage of 74.17% of student responses.

Keywords: Active Learning, Learning Tournament, Student Learning Outcomes.

Author Biography

SIGIT agus AGUS MINARNO, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
AGUS MINARNO, S. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI CD PLAYER DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 55