PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK NEGERI 1 TUBAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan model pembelajaran mastery learning pada standar kompetensi mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik; dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum perlakuan model pembelajaran mastery learning dengan sesudah perlakuan model pembelajaran mastery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttes design.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XITL 1SMK Negeri 1 Tuban. Dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan uji-t paired. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “penelitian pengembangan 4 D (four D)”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan hasil nilai rata-rata sebesar 71,69% yang menunjukan bahwa perangkat tersebut valid dan layak digunakan; dan(2) hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran mastery learning rata-rata adalah 61,48 dan 84,91.
Kata kunci: Model pembelajaranmastery learning, hasil belajar siswa.
Abstract
This study aims to : ( 1 ) determine the feasibility of mastery learning model learning the standard of competence operate the electromagnetic control system; and ( 2 ) determine differences in student learning outcomes before treatment mastery learning instructional model teaching model after treatment with mastery learning . The method used is one group pretest - posttes design. Subjects in this study were students of class XI TL 1 SMK Negeri 1 Tuban. And to determine differences in student learning outcomes used paired t-test. The design of the study is " research development 4D (four D)”. The results showed that : ( 1 ) learning device that was developed to get the average value of 71.69 %, which indicates that the device is valid and fit for use ; and ( 2 ) the results of students' prior learning and mastery learning after treatment the average was 61.48 and 84.91.
Keywords: Models of mastery learning, student learning outcomes
PDF Downloads: 24