PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK NEGERI 1 TUBAN

  • Chintia Dewi Kartika Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan model pembelajaran mastery learning pada standar kompetensi mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik; dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum perlakuan model pembelajaran mastery learning dengan sesudah perlakuan model pembelajaran mastery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttes design.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XITL 1SMK Negeri 1 Tuban. Dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan uji-t paired. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “penelitian pengembangan 4 D (four D)”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan hasil nilai rata-rata sebesar 71,69% yang menunjukan bahwa perangkat tersebut valid dan layak digunakan; dan(2) hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran mastery learning rata-rata adalah 61,48 dan 84,91.

Kata kunci: Model pembelajaranmastery learning, hasil belajar siswa.

Abstract

This study aims to : ( 1 ) determine the feasibility of mastery learning model learning the standard of competence operate the electromagnetic control system; and ( 2 ) determine differences in student learning outcomes before treatment mastery learning instructional model teaching model after treatment with mastery learning . The method used is one group pretest - posttes design. Subjects in this study were students of class XI TL 1 SMK Negeri 1 Tuban. And to determine differences in student learning outcomes used paired t-test. The design of the study is " research development 4D (four D)”. The results showed that : ( 1 ) learning device that was developed to get the average value of 71.69 %, which indicates that the device is valid and fit for use ; and ( 2 ) the results of students' prior learning and mastery learning after treatment the average was 61.48 and 84.91.

Keywords: Models of mastery learning, student learning outcomes

Author Biographies

Chintia Dewi Kartika, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Kartika, C., & Rusimamto, P. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK NEGERI 1 TUBAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 24