PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN TEKNIK ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR DI KELAS X-1 SMK AL-IKHLAS MULYOREJO

  • AM Mukhlis Indrawan . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Syarifuddien Zuhrie . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menghasilkan seperangkat pembelajaran yang terdiri dari Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa, dan Media Trainer. Adapun yang melatar belakangi adanya penelitian ini adalah pendidikan di SMK yang berorientasi pada kegiatan praktik. Diperlukan singkronisasi dalam cara penyampaian guru terhadap murid, sehingga murid bisa menyerap pelajaran dengan baik. Maka dari itu, diperlukan adanya pengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai dalam penyampaian materi pembelajaran selama kegiatan praktik. Perangkat pembelajaran berbasis proyek dinilai lebih sesuai untuk kebutuhan siswa dalam proses belajar mengajar, khususnya pada siswa kelas X TKJ 1  SMK Al Ikhlas Mulyorejo Gresik.

Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 10 (sepuluh) tahapan yaitu : (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk, (7) tahap revisi produk, (8) tahap uji coba pemakaian, (9) tahap revisi produk, dan (10) tahap produksi masal. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan, hasil penilaian kinerja praktikum siswa untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan media pembelajaran, serta hasil respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan berbasis proyek.

Berdasarkan hasil penelitian , diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam pengembangan perangkat pembelajaran dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 87,30 %. Kemampuan siswa dalam menggunakan perangkat pembelajaran dikategorikan baik dengan rata-rata hasil penilaian kinerja sebesar 83,00%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat dalam perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinilai mendapat respon positif dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 79,47 % yang dikategorikan baik. Hal ini menunjukkan bahwa pearangkat pembelajaran yang dikembangkan ini layak  dan baik digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan perangkat pembelajran

Metode penelitian R&D.

Abstract

This study to produce a set of learning which consists of lesson design , Books Students , Student Worksheet , and Media Trainer. As for the background for this research is oriented vocational education in practical activities. Required synchronization in the delivery of teachers to students , so that students can absorb the lesson well . therefore , necessary for the development of appropriate learning tools in the delivery of learning materials for practical activities. Project -based learning tools considered more appropriate to the needs of students in the learning process , especially in class X TKJ 1 SMK Al Ikhlas Mulyorejo Gresik.

Using research methods Research and Development ( R & D ). In this study there are 10 ( ten ) stages, namely : ( 1 ) the stage of problem analysis, ( 2 ) the stage of data collection, ( 3 ) the product design stage, ( 4 ) design validation phase, ( 5 ) the stage of design revisions, ( 6 ) stage product testing, ( 7 ) product revision stage, ( 8 ) the use of the pilot phase, ( 9 ) product revision stage, and ( 10 ) the stage of mass production. Collecting data in this study was obtained from the results of validation to determine eligibility generated media , practicum student performance assessment results to determine the students' skills in using instructional media, as well as the results of student responses to determine the response of students to the learning tools that have been developed based on the project.

Based on the research results , we concluded that, on the whole aspect of the validation results are contained in an otherwise good learning software development with an average rating of 87.30 % results. The ability of students to use learning tools are categorized either with average performance evaluation results of 83.00 %. Student responses on all aspects contained in the learning device developed assessed received a positive response with the average results of student response rating of 79.47 % is considered good. This suggests that learning pearangkat developed is feasible and well used as a medium of learning.

Keywords : Development learning tools,

Research methods R & D .

Author Biographies

AM Mukhlis Indrawan ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Syarifuddien Zuhrie ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., A. M., & ., S. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN TEKNIK ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR DI KELAS X-1 SMK AL-IKHLAS MULYOREJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 46