PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MEMBUAT REKAMAN AUDIO DI STUDIO DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • CHRISNA rizki RIZKI H. jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan perbedaan hasil belajar siswa pada mata diklat Merekam Audio di Studio dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan model pembelajaran langsung di SMK Negeri 2 Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Static Group Comparison”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 2 Surabaya. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random. Kelas XI TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan XI TAV 2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model
pembelajaran inkuiri dengan menggunakan pembelajaran langsung, dimana model pembelajaran inkuiri lebih
baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran langsung dengan ttest sebesar 3,149. Dengan nilai


ttabel


1,671 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil tersebut didapat bahwa  nilai ttest > ttabel; (2) Model


pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung dengan rata-rata hasil belajar sebesar 85,50 (eksperimen) dan 75,50 (kontrol).

 

Kata kunci : strategi belajar inkuiri, model pembelajaran langsung, Hasil belajar siswa.

Abstract

This study aims to determine the students' learning result and the differences of students' learning result in Making Audio Recording in Studio by using the inquiry learning model and direct instruction model in SMK Negeri 2 Surabaya.

This study using quasi experiment method with "Static Group Comparison" design. The population in this study are all students of SMK Negeri 2 Surabaya. Samples taken two classes, using simple random method. Class XI TAV 1 as a experimental class and XI TAV 2 as the control class. To determine the differences in the students' learning result, the data analyzed by t-test method.

The results showed that: (1)There is a differences in students' learning result by using the inquiry
learning model and direct instruction model, which is the inquiry learning model is better than the direct
instruction model with the t test is 3.149. With ttable value 1.671 at significant level α = 0.05. From the results
obtained that the ttest>ttable, (2)Inquiry learning model is better than the direct instructional model with the

average result is 85.50 (experiment) and 75.50 (control).

 

Keyword: inquiry learning model, direct instructional model, students’ learning result.

 

Author Biography

CHRISNA rizki RIZKI H., jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
RIZKI H., C. (2013). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MEMBUAT REKAMAN AUDIO DI STUDIO DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 15