PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • RAGILLUSYAH zamzani ZAMZANI jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X TAV yang dibelajarkan dengan teknik pembelajaran Cooperative Script dan model pembelajaran konvensional pada mata diklat menerapkan dasar-dasar elektronika, serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X TAV yang dibelajarkan dengan teknik pembelajaran Cooperative Script dan model pembelajaran konvensional.

Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian quasi-eksperimen, dan jenis desain rancangan yang dipakai adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TAV 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X TAV 2 sebagai kelas eksperimen. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, digunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji-T satu pihak kanan.

Untuk hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan teknik pembelajaran Cooperative Script diperoleh rata-rata nilai akhir siswa lebih dari rata-rata ideal dengan thitung sebesar 20,84. Sedangkan untuk hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata nilai akhir siswa lebih dari rata-rata ideal dengan thitung sebesar 13,56 dan ttabel sebesar 1,71. Terlihat bahwa thtung>ttabel, sehingga dapat disimpulkan rata-rata nilai akhir siswa yang dibelajarkan dengan teknik pembelajaran Cooperative Script dan model pembelajaran konvensional lebih dari rata-rata ideal dan hasil belajar siswa termasuk dalam kriteria tinggi. Pada hasil belajar siswa diperoleh ttest sebesar 10,751 dan ttabel sebesar 1,67. Terlihat bahwa ttest>ttabel, sehingga dapat disimpulkan teknik pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar membaca dan mengidentifikasi komponen elektronika pasif pada siswa kelas X TAV 1 dan X TAV 2 di SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Kata Kunci: Model pembelajaran konvensional, jenis penelitian, dan teknik analisis data

 

 

Abstract

This study aimed to describe the results of class X TAV students are taught Cooperative Script learning techniques and conventional learning model in subject applying the fundamentals of electronics, as well as knowing the difference in student learning outcomes X TAV class is taught with Cooperative Script learning techniques and conventional learning model.

This type of research is an experiment by using a quasi-experimental research design, and the type of design used is Nonequivalent Control Group Design. Subjects in this study were students of class X TAV 1 as the control class and class X TAV 2 as a class experiment. To obtain the necessary data in the study, used observation and tests. Data analysis techniques using T-Test one on the right.

For the learning outcomes of students taught with Cooperative Script learning techniques obtained an average final grades for students with tcalculationat  20.84. As for the learning outcomes of students taught with conventional teaching model obtained an average student with the final values ​​with tcalculationat 13.56 and ttable is 1,71. So it can be concluded that tcalculation>ttable, so the average final grades of students who were taught with Cooperative Script learning techniques and conventional learning models over the average ideal and student learning outcomes are included in the high criteria. From the results obtained ttest students at 10.751 and ttabel of 1.67. It can be concluded that the ttest>ttable, so the application of Cooperative Script learning techniques can improve student learning outcomes in basic reading competencies and identify passive electronic components in class X TAV 1 and X TAV 2 in SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Keywords: Conventional learning model, types of research, and data analysis techniques

Author Biography

RAGILLUSYAH zamzani ZAMZANI, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
ZAMZANI, R. (2013). PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 18