Pengaruh Teknik Pembelajaran Tennis Verbal Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Yang Memiliki Motivasi Berprestasi Berbeda Pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik

  • A putra AVIF PUTRA BUANA jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan teknik pembelajaran tennis verbal ataupun yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata diklat mengaplikasikan rangkaian listrik, (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar mata latih mengaplikasikan rangkaian listrik pada siswa kelas x program keahlian teknik instalasi tenaga listrik pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah, dan (3) mengetahui adanya interaksi hasil belajar siswa dengan pembelajaran tennis verbal, model pembelajaran konvensional dengan motivasi berprestasi siswa yang tinggi dan rendah siswa kelas x program keahlian teknik instalasi tenaga listrik.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan “Nonequivalen Control Design”. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL-1 sebagai kelas kontrol dan X TITL-3 sebagai kelas eksperimen di SMK Negeri 7 Surabaya. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diperlakukan dengan pembelajaran tennis verbal dan konvensional, perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi berbeda (tinggi dan rendah), serta untuk mengetahui adanya interaksi hasil belajar siswa dengan pembelajaran tennis verbal, model pembelajaran konvensional dengan motivasi berprestasi siswa dilakukan dengan analisis varian dua jalur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan teknik pembelajaran tennis verbal lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu nilai uji-F= 11,130 dengan p-value 0,001, p-value lebih kecil dari α = 0,05 ; (2) hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dengan nilai uji-F = 9,652 dan p-value = 0,003, p-value lebih kecil dari α = 0,05 ; dan (3) Terdapat interaksi hasil belajar dengan perlakuan teknik pembelajaran tennis verbal dan konvensional, serta motivasi berprestasi siswa, yaitu nilai uji-F = 14,310 dan p-value = 0,000, p-value lebih kecil dari α = 0,05.

Kata kunci: Perbedaan hasil belajar,  Perbedaan  motivasi berprestasi , dan Interaksi hasil belajar.

 

 

Abstract

This study aims to: (1) determine differences in student learning outcomes using tennis verbal learning techniques or the use of conventional learning to applying an the electrical circuit study, (2) determine whether there is difference in learning outcomes applying an the electrical circuit in class X program power plant engineering students with high achievement motivation and low, and (3) determine the students' interaction with the tennis verbal learning, conventional learning models with high student achievement motivation and low grade x program of power plant engineering .

The research method used was quasi experiment with the design of "Nonequivalen Control Design". The subjects in this study were students of class X-1 TITL as class control and X-3 TITL as an experimental class at SMK Negeri Surabaya 7. To know the differences between the learning outcomes of students who are treated with conventional learning and tennis verbal, differences in student learning outcomes that have different achievement motivation (high and low), and to investigate the interaction of the learning outcomes of students with learning verbal tennis, the conventional model of learning achievement motivation students performed with analysis of variance two lanes.

The results showed that: (1) student learning outcomes using tennis verbal learning techniques higher than those using conventional learning model, the value of F-test = 11.130 with p-value 0.001, p-value less than α = 0, 05, (2) the learning outcomes of students who have high achievement motivation higher than students with low achievement motivation with the F-test value = 9.652 and p-value = 0.003, p-value less than α = 0.05, and ( 3) There is interaction with the learning outcomes of treatment techniques tennis verbal and conventional learning, and student achievement motivation, the value of the test-F = 14.310 and p-value = 0.000, p-value less than α = 0.05.

Keywords: Difference learning outcomes, achievement motivation differences, and the interaction of learning outcomes.

Author Biography

A putra AVIF PUTRA BUANA, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
AVIF PUTRA BUANA, A. (2013). Pengaruh Teknik Pembelajaran Tennis Verbal Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Yang Memiliki Motivasi Berprestasi Berbeda Pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 40