PENGARUH STRATEGI BELAJAR QUESTION STUDENT HAVE (PERTANYAAN DARI SISWA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENJELASKAN DASAR - DASAR SINYAL VIDEO DI SMK RADEN PATAH MOJOKERTO

  • Rinaldi Kurnia E . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Edy Sulistyo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dan respon siswa dengan menggunakan strategi Question Student Have. Sasaran penelitian yaitu kelas XI TAV di SMK Raden Patah Mojokerto tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dan menggunakan  desain Posttest-Only Control Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui, angket respon siswa dan hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Perlakuan pertama yang dilakukan yaitu memperkenalkan strategi Question Student Have kemudian diterapkan pada proses pembelajaran dan terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran dan butir soal memiliki presentase rata-rata sebesar 80,91% dari hasil validasi oleh para ahli dan dikategorikan valid. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Question Student Have, pada uji-t adalah thitung = 3,03 dan t tabel 1,67 sehingga jelas terdapat daerah penolakan H0 karena 3,03 > 1,67. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran strategi Question Student Have lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang tidak mendapatkan pembelajaran strategi Question Student Have. (3) Respon siswa terhadap pembelajaran secara keseluruhan adalah positif dan termasuk dalam kriteria respon baik dengan rata-rata persentase respon siswa sebesar 81,40%.

Kata kunci : strategi belajar Question Student Have, Hasil belajar.

Abstract

This research aims to determine the effect of learning and student responses using a strategy Question Student Have. Objective studies of class XI TAV 5 at SMK Raden Patah Mojokerto 2014/2015 school year. This type of study is a True Experimental Design and posttest-only design using Control Design.

Methods of data collection in this study were obtained through, questionnaire responses of students and student learning outcomes quantitatively analyzed descriptively. The first treatment which done that is introduce strategy Question Student Have then applied to the learning process and the last held post-test to find out the results of student learning. From the research result obtained, show that: (1) The point about learning and have average percentage of 80,91% of the results of the validation by experts and valid categorized. (2) the results of the student learning using strategy Question Student Have, t-test was tarithmetic = 3.03 and 1.67 t table, so obviously there is a region of rejection of H0 since 3.03 > 1.67. Based on the above results it can be concluded that the average learning outcomes of students who have learning strategy Question Student Have better than average learning outcomes of students who did not get the strategy Question Student Have. (3) The response of students toward learning as awhole is positive and included in the response criterion very well with the average percentage of student responses at 81.40%.

Key words: strategy Question Student Have, learning results.

Author Biographies

Rinaldi Kurnia E ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Edy Sulistyo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., R., & ., E. (2015). PENGARUH STRATEGI BELAJAR QUESTION STUDENT HAVE (PERTANYAAN DARI SISWA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENJELASKAN DASAR - DASAR SINYAL VIDEO DI SMK RADEN PATAH MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 94