PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE ( TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

  • RIKI david DEVID ARIANTO jurusan tenik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran metode Think Pair Share (TPS) pada standar kompetensi  menerapkan dasar-dasar teknik digital di kelas XI SMK Negeri 2 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah True Experimental  Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Lamongan, yang terdiri dari 2 kelas dengan rata-rata tiap kelasnya berjumlah 32 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas terdiri dari satu kelompok eksperimen yaitu menggunakan metode pembelajaran NHT  dan satu kelompok kontrol yaitu menggunakan metode pembelajaran TPS . Data dalam penelitian ini berupa nilai hasil belajar siswa (posttest) dan hasil angket. Instrumen yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), panduan observasi (modul), tes, dan angket. Berdasarkan hasil analisis data posttest dengan uji-t didapatkan thitung sebesar 2.408 dan ttabel sebesar 2,0 dengan taraf signifikan sebesar 0,05, nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksprimen sebesar 78,125 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok kontrol sebesar 75. Respon siswa terhadap hasil belajar untuk kelompok eksperimen adalah 86,55% sedangkan hasil rating untuk kelompok kontrol adalah 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut  diperoleh bahwa thitung > ttabel dan dapat  dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh positif  terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi penerapan  dasar-dasar teknik digital di SMK Negeri 2 Lamongan.

Kata kunci : Numbered Heads Together, Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa, dan Dasar-Dasar Teknik Digital.

 

Abstract

This research aims to determine the differences students learning outcomes between taught using learning methods Numbered Head Together (NHT) with the learning outcomes of students who are taught by the teaching methods of Think Pair Share (TPS) the standard of competence to apply the basics of digital techniques in class XI SMK Negeri 2 Lamongan. This research is True Experimental Design. The population in this study was a class XI student at SMK Negeri 2 Lamongan, consisting of 2 classes with an average of each class are 32 students, while the sample in this study was composed of two classes of the experimental group is learning using NHT and one group control the use of learning methods TPS. The data in this study a value of student learning outcomes (posttest) and the poll result. The instrument used were learning plan (RPP), observation guide (modules), tests, and questionnaires. Based on data analysis by the t-test posttest tcount obtained for 2,408 and by 2,0 ttabel with significance level of  0.05, the average value of the results of the experimental study of 78,125 and the average value of learning outcomes for the control group 75. Students' response to the learning outcomes for the experimental group was 86.55%, while the results of the rating for the control group was 84.21%.  Based on these results, described that tcount > ttable and it can be stated that the average learning outcomes experimental group is better than the average results of the control group study. It can be concluded that the implementation of cooperative learning NHT type positive effect on student learning outcomes in the application of competency standards basics of digital techniques in SMK Negeri 2 Lamongan.

Keywords: Numbered Heads Together, Think Pair Share, Student Learning Outcomes, and the Basics of Digital Techniques

Author Biography

RIKI david DEVID ARIANTO, jurusan tenik elektro FT unesa
jurusan tenik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
DEVID ARIANTO, R. (2013). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE ( TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 28