PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN MOTOR LISTRIK

  • Rudi . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Joko . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah pemeliharaan dan perbaikan motor listrik pada standar kompetensi Membelit Ulang Kumparan Stator Motor Induksi 3 Fasa dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. subjek  dalam penelitian ini adalah mahasiswa D3 angkatan 2013 Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek. Hasil validasi instrumen penelitian terdiri dari: (1) hasil validasi bahan ajar sebesar 73,33%, (2) hasil validasi Soal Pretest-Posttest sebesar 77,70%, (3) hasil validasi Angket Respon Mahasiswa sebesar 75,00% dan (4) hasil validasi SAP sebesar  71,13%. Hasil analisis data yang terdiri dari: (1) uji normalitas, menggunakan Kolmogorov-Smirnov untuk posttest nilai signifikannya sebesar 0,064, untuk  pretest nilai signifikannya sebesar 0,200, kedua nilai tersebut lebih besar dari α = 0,05, berarti data normal;  (2) uji homogenitas,  menggunakan homogenity test diperolehan hasil based on mean sig = 0,623, berarti data homogen;  (3) uji t untuk thitung menggunakan bantuan SPSS 17 = 20,04, nilai tersebut lebih besar dari ttabel 1,67 dan nilai sig 0,00; berarti dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Dengan rata-rata nilai  posttest 81,50 dan  rata-rata nilai pretest 44,14.  Hasil respon mahasiswa dengan hasil rating sebesar 85,43% atau pada kategori sangat senang.

Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar dan Respon Mahasiswa

Abstract

The purpose of this study was to determine the improve student result learn after appliyed model project basic learning at subject conservancy and repair  electric motor of  base compatence rewidding stator motor induce 3 fhasa and to determine the student’s responses to model project basic learning This research was to used the method research quasy experiment. The subject of research is students of D3 electrical engineering, Engineering Faculty, State University of Surabaya and instrument of this research is achievement test and the students' response to model project basic learning. Result of this research that is result of research instrument validasi which consist of: (1) result of Materials validasi teach equal to 73,33%, (2) result of validasi of Pretest-Posttest equal to 77,70%, (3) result of validasi of Respon Student equal to 75,00%, and (4) result of SAP validasi equal to 71,13%. Result of data analysis which consist of: (1) test of normalitas, use Kolmogorov-Smirnov for the posttest of its value  equal to 0,064, for the pretest of its value  equal to 0,200, the value bigger than α = 0,05, that mean the data normality; (2) homogeneity test,  use homogenity test acquirement of result of based sig mean on = 0,623, that is mean the data  homogenity; (3) test of t for thitung to use SPSS 17 = 20,04, that value bigger than  ttable =1,67, that mean there are different of signifikansi value betwen pretest and posttest with average result learn posttest  81,50 and pretest 44,14. Result of student respon with result of rating equal to 85,43% or in category very like.

keywords: Model projec basic learning, result of learning and student’s  respons

Author Biographies

Rudi . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Joko . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., R., & ., J. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN MOTOR LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 17