PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Okie Setyo Firman Danny Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Edy Sulistyo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih digunakannya model pembelajaran konvesional pada lembaga pendidikan. Pada model pembelajaran konvensional, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi secara aktif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered Head Togeteher (NHT) adalah diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat belajar secara aktif. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan R&D. Langkah-langkah pada penelitian pengembangan ini ada 7tahapan yaitu(1) tahap potensi dan masalah; (2) tahap pengumpulan data; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi desain; (5) tahap revisi desain; (6) tahap ujicoba produk; (7) tahap revisi produk.

Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan dengan metode pembelajaran mind mapping dinyatakan baik dengan rincian sebagai berikut: (1) Silabus 78.35%,  (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 76.67%, (3) Lembar Kerja Siswa 78%, (4) LP. Pengetahuan 74.25%, (5) LP. Proses dan Psikomotor 73.86%, dan (6) materi ajar 79.69%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seluruh instrumen yang dikembangkan dalam perangkat pembelajaran tersebut valid dan layak digunakan. Persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 90.91 % dan nilai rata-rata kelas 82.43 yang berarti ketuntasan belajar klasikal tuntas. Sedangkan jika ditinjau dari uji t diketahui bahwa t hitung sebesar 7.775 dimana nilai tersebut lebih besar dibandinkan dengan t tabel sebesar 1.697 yang artinya ketuntasan rata-rata hasil belajar siswa setelah pemberian treatment berupa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)  lebih besar dari KKM sekolah (75).

Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, NHT, R&D

Abstrack

The background of this research is still use conventional learning model in educational institutions. In the conventional learning model, students are required to master the material less active so the effect on student learning outcomes. On the development of learning tools using cooperative learning type numbered head together (NHT), is expected to improve student learning outcomes and students can learn actively. The method used is research development using the R & D. Steps in the development of research have 7 stages namely (1) the stage of potential and problems; (2) the stage of data collection; (3) the product design stage; (4) design validation phase; (5) the stage of design revisions; (6 ) phase of product testing; (7) the stage of product revision.

The tests showed that the study peripheral used with mind mapping teaching methods otherwise well, with details as follows: (1) Silabus 78.35%, (2) RPP 76.67%, (3) LKS 78%, (4) LP.Pengetahuan of 74.25%, (5) LP. Proses dan psikomotor 73.86%, and (6) 79.69% teaching materials. It can be concluded that all the instruments developed in the study peripheral is valid and worth using. Classical learning completeness percentage of 90.91% and the average value of class 82.43, which means mastery learning classical complete. Meanwhile, if viewed from the t test known that t for 7.775 where the value is greater t be compared to the table for 1697, which means completeness student learning outcomes after the treatment is a cooperative learning type numbered head together (NHT) is greater than KKM (75)

Keywords : Study Peripheral, NHT, R&D

Author Biographies

Okie Setyo Firman Danny, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Edy Sulistyo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Firman Danny, O., & ., E. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 23