PENGEMBANGAN APLIKASI ANDRONIKA BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Lutfi Hakim . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berimbas besar terhadap kemajuan di segala aspek. Android merupakan salah satu imbas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Android adalah jenis smartphone yang bersifat open source sehingga pengguna dapat mengkostumisasi berbagai fitur aplikasi sesuai kebutuhan penggunanya. Menurut IDC (International Data Corporation) worlwide Mobile Phone Tracker mengumumkan bahwa android menjadi produk dengan penjualan tertinggi di tahun 2014. Survey lapangan yang dilakukan di kelas X-AV SMKN 2 Surabaya juga didapatkan bahwa 49% siswa adalah pengguna android. Namun dalam pemanfaatannya masih digunakan untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. 23% dari pengguna smartphone hanya menggunakan untuk sms dan telpon, 11% bermain games, 34% untuk mengakses jejaring sosial, dan hanya 11% untuk mempelajari materi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan aplikasi Andronika yang digunakan sebagai media pembelajaran, (2) mengetahui respon siswa, (3) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi Andronika serta, (4) mengetahui ketuntasan hasil belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah kelas XAV-3 SMK Negeri 2 Surabaya. Desain penelitian menggunakan One Shot Case Study di mana dalam desain penelitian ini mengambil satu sampel tanpa ada sampel kontrol sebagai pembanding. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis tingkat rating, rerata, persentase skor, tabulasi tabel serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi Andronika berbasis Android yang telah divalidasi dengan rating mendapatkan skor rerata 87,95% dengan kriteria nilai sangat baik. Dari hasil respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran aplikasi Andronika didapatkan skor rerata 92,29% dengan kriteria nilai sangat setuju, ketuntasan hasil belajar siswa yang dinyatakan tuntas dengan skor rerata 3,51 dengan predikat nilai A- serta keterlaksanaan pembelajaran yang dinyatakan sangat terlaksana dengan persentase skor sebesar 89,74%. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi Andronika berbasis Android dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Kata Kunci : Andronika, Android, mobile learning, ADDIE.

Abstract

The development of information and communication technology  has whole effects to the progress in all aspects. Android is one of impacts of the development of information and communication technology. Android is a type of smartphone which is open source, so that the users can costumize various application features  based on their needs. According to IDC (International Data Corporation) worlwide tracker, android mobile phone became the best seller product in 2014. The field survey conducted in the class X-AV SMKN 2 Surabaya was also got that 49 percent of the students are android user. But the usage was still for useless activities. 23 percent users just use the smartphones for messaging and calling, 11 percent for playing games, 34 percent for accessing social network, and just 11 percent for learning school materials. The purposes of this research are (1) to develop the andronika application that used as a learning media, (2) to know the student responses and learning outcomes after using andronika application media, (3) to know the successful of learning process by using andronika application, (4) to know passing grade learning outcomes.

This research is a development research that used ADDIE model which is short term of analysis, design, development, implementation and evaluation. The subject of this research is class XAV-3 SMKN 2 Surabaya. Research design in this research is one shot case study which is designed by using one sample without any control sample to be compared. Data collection technique in this research is by quistionnaire and test. Analysis method is by using presentation of data, rating level analysis, average, score percentage, table of tabulation, and conclusion.

This research result is andronika application based android that have been validated by rating has average score 87,95% with criteria of very good. Based on the results of student responses, it is known that the andronika learning application obtained score 92,29% with criteria of very agree, the average of learning outcomes value is 3.51 with predicate of A-, then the learning process is achieved by score percentage of 89,74 %. That was proved that the application of andronika based android stated eligible to be used as a learning media in class.

Keywords :Andronika, Android, Mobile Learning, ADDIE.

Author Biographies

Lutfi Hakim ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., L., & Sumbawati, M. (2015). PENGEMBANGAN APLIKASI ANDRONIKA BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 46