PEMBUATAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARANUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA

  • Sapto Susilo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Joko . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan membuat media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah pemeliharaan  dan perbaikan mesin-mesin listrik materi membelit ulang kumparan stator motor ac 3 fasa di Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini ádalah penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa D-3 Teknik Listrik angkatan 2011 Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya yang sedang menempuh mata kuliah  pemeliharaan dan perbaikan mesin-mesin listrik pada semester gasal tahun akademik 2013/2014 yang terdiri dari 18 mahasiswa. Dari hasil perhitungan 3 validator media video membelit ulang kumparan stator motor induksi 3 fasa menunjukkan skor sebesar 800, dengan rata-rata 66,67 %. Sedangkan 1 validator ahli isi materi perbaikan stator motor listrik skor sebesar 440, dengan rata-rata 62,85 %. Dari hasil tersebut didapat bahwa rata-rata hasil keseluruhan validasi media video adalah 64,76 %, maka dapat dinyatakan bahwa hasil validasi media pembelajaran video untuk membantu pemahaman mahasiswa tentang materi membelit ulang kumparan stator motor induksi 3 fasa pada kategori kuat. Perolehan hasil angket respon mahasiswa menunjukkan bahwa skor butir soal pernyataan  sebesar 372 dengan rata-rata 64,00% dan skor butir soal pertanyaan sebesar 567 dengan rata-rata 94,00 %. Dari penelitian ini, diharapkan mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar dan  memahami materi membelit ulang  motor 3 fasa.

Kata kunci: Media video pembelajaran, perbaikan motor listrik, hasil validasi, dan respon

Abstract

This research produces learning video media purpose to improve understanding the students of university at subject of repair and maintenance of electrical material rewinding on the stator coil 3 phase AC motors in State University of Surabaya .This type of research is research development. This subjectis to three Diploma Program State University of Surabaya in period 2011 who are taking the material of repair and maintenance of electrical machines in odd semester in 2013/2014 academic year which consists of students of University. From the calculation of 3 validators learning media, that the media twisted video on the statorcoil 3 phase induction motors show a score of 800, with an avarage 66,67%. While the first electric motor stator repair validator score of 440 with an average of 62,85%. From the result taken that totaly result of video media validationis 64,76%, it can be stated tha tthe learning media by using video to help the students of university understanding of the material on the stator coil convolute 3 phase induction motor is strong category. The cquisition respon student questionare result shows that score 372 grains with an avarage 64,00% and a score of 567 question ítems with an average 94,00%. Form this result, student are expected  to be more motivated to learn and understand the material of  rewinding 3 phase motors.

Keywords : Learning  media video, repair of  stator coil, validation result, and student responses.

Author Biographies

Sapto Susilo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Joko . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., S., & ., J. (2015). PEMBUATAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARANUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 22