IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR PADA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Winda Ayu Noviana Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TAV SMK Negeri 7 Surabaya, (2) membantu siswa mengembangkan keterampilan dan kecakapan berpikir dalam mempelajari dan menyerap materi pembelajaran, (3) mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen apakah dapat mencapai ketuntasan minimum (KKM), serta (4) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung (MPL) dan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan bentuk Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas kontrol dengan rata-rata nilai hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor secara berturut-turut adalah 3,11; 2,78; dan 3,18 sehingga nilai rata-rata total mencapai 3,02. Sedangkan untuk kelas eksperimen, rata-rata nilai hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor secara berturut-turut adalah 3,28; 2,98; dan 3,43 sehingga nilai rata-rata total mencapai 3,23. Dari hasil belajar tersebut diketahui bahwa kedua kelas telah mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 2,67. Hasil uji perbedaan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor secara berturut-turut didapatkan nilai thitung sebesar 1,766; 4,914; dan 2,856 dengan nilaiĀ  ttabel sebesar 1,67. Dengan demikian thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung dan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI).

Kata kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Instruction (PBI), Hasil Belajar.

Abstract

The aims of this research are (1) improve student learning achievement of grader X TAV SMK Negeri 7 Surabaya, (2) help students to develop skills and thinking skills in study and absorb the learning material, (3) to know student learning achievement of control classroom and experiment classroom, weather able to achieve minimum completeness (KKM), and (4) to know the differences of student learning achievement which learned by using direct instruction model (MPL) and Problem Based Instruction (PBI) model. Research design used is Pre-Experimental Design by using form of Posttest-Only Control Design. Research yield shows learning achievement of control classroom with mean of cognitive learning, affective and psychomotor respectively is 3.11; 2.78; and 3.18 then total mean achieved 3.02. As for the experiment classroom, mean of cognitive learning, affective and psychomotor respectively is 3.28; 2.98; and 3.43 then total mean achieved 3.23. From that learning achievement known that both classrooms have reached a predetermined KKM value, that is 2.67. Test result of difference learning achievement in cognitive, affective and psychomotor respectively obtained tcalculation at 1.766; 4.914 and 2.856 with ttable 1.67. Thus tcalculation > ttabel could be concluded that there is a difference between student learning achievement which learned using direct instruction model and Problem Based Instruction (PBI) model.

Keywords: Instruction model, Problem Based Instruction (PBI), learning achievement.

Author Biographies

Winda Ayu Noviana, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Noviana, W., & Rusimamto, P. (2015). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR PADA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 53