PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BASIC UNTUK MENGAJAR TEKNIK PEMROGRAMAN DI KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • Mochamad Riduwan . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Teknik Pemrograman merupakan mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan. Mata pelajaran Teknik Pemrograman berisikan materi tentang membuat aplikasi menggunakan Visual Basic 2010. Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi obyek. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Visual Basic pada mata pelajaran teknik pemrograman yang layak digunakan, untuk mengetahui respon dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran. Sasaran penelitian yaitu kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Metode penelitian yang digunakan adalah R&D yang dibatasi menjadi 7 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,  validasi produk,  revisi produk, uji coba produk, analisis dan pelaporan.

Hasil dari penelitian yaitu didapatkan media pembelajaran berbasis Visual Basic yang layak digunakan dengan hasil rating 90,20%. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 83,42%. Hasil belajar siswa menghasilkan nilai rata-rata 2,94. Kriteria Ketuntasan Minimum yang digunakan adalah 2,67. Setelah dilakukan uji-t maka diperoleh t-hitung 5,134 yang lebih besar dari t-tabel 1,688, sehingga sesuai dengan hipotesis yang dibuat maka dinyatakan hasil belajar siswa dapat melebihi KKM yang telah ditetapkan.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Visual Basic, validasi, respon siswa, hasil belajar.

 

Abstract

Programing Technique are subject taught in Vocational High School. Programming Techniques contains subject lesson about creating applications using Visual Basic 2010. Visual Basic is an object-oriented programming language. This research aims to produce learning media based Visual Basic for programming techniques which decent to be used, to know the response and the results of student learning by using learning media. The target this research is X grade Electronics Engineering State Vocational High School 1 Sidoarjo.

The method used in this study is R&D that has been limited into seven stages i.e. potential and problems, data collection, product design, product validation, product revision, field test product, and analysis and reporting.

The results of the research are learning media based Visual Basic is feasible to use with the rating 90,20%. The results of students' response to learning media otherwise excellent with 83.42% rating result. Result learn student produce an average value of 2,94. Minimum completeness criteria used is 2,67. After the t-test of the obtained t-count 5,134 larger than t-table 1,688, thus consistent with the hypothesis that made it declared student learning outcomes can exceed a predetermined minimum completeness criteria.

Keywords: Learning media, Visual Basic, validation, student response, result learn student.

Author Biographies

Mochamad Riduwan ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., M., & Asto B, I. G. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BASIC UNTUK MENGAJAR TEKNIK PEMROGRAMAN DI KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 40