Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TPS dengan Pengajuan Soal Pada Standar Kompetensi Menggunakan Hasil Pengukuran Listrik di SMKN 1 Pungging

  • ANDRE cahyo CAHYO jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya perangkat pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar siswa di SMK. Kondisi seperti ini mengkibatkan rendahnya ketuntasan belajar siswa di sekolah, dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pengajuan soal beserta perangkat pembelajarannnya, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe TPS yang terdiri dari silabus RPP, LKS, dilengkapi LTPM, modul, dan lembar penilaian pada standar kompetensi menggunakan hasil pengukuran listrik.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D).Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu:(1) tahap analisis masalah; (2) tahap pengumpulan data; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi desain; (5) tahap revisi desain; (6) tahap ujicoba produk dan (7) tahap analisa dan pelaporan.

Analisis instrumen penelitian menggunakan Vaiken untuk melihat validitas antar validator terhadap perangkat pembelajaran. Validasi dilakukan oleh tiga dosen ahli perangkat pembelajaran dari Fakultas Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Hasil validasi perangkat pembelajaran menggunakan Vaiken sebagai berikut: (1) Silabus 0,81; (2) RPP 0,71; (3) LKS dilengkapi LTPS 0,76; (4) Modul 0,79; dan (5) LP 0,73. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TPS  dengan pengajuan soal mendapatkan hasil rating 83,88%. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (X TITL 2) sebelum pembelajaran sebesar 58,98 dan meningkat setelah pembelajaran menjadi sebesar 71,64. Perhitungan menggunakan uji t didapat nilai thitung 8,777 dan untuk ttabel pada taraf signifikan 0,975 adalah 2,04. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pengajuan soal dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Pengajuan Soal, Menggunakan Hasil Pengukuran Listrik, Penelitian Pengembangan  (R&D).

Abstract

The background of the research is the lack of tools to support the learning of students in vocational learning. Such conditions causing low mastery learning students in the school, the learning cooperatif model TPS type with problem posings about its learning devices, are expected to improve student learning outcomes. This research is development of the cooperative learning model TPS type consisting of the syllabus, lesson plans, worksheets equipped with LTPM, modules, and assessment sheets in competence standard using electrical measurements

This research use the research & development (R & D) method. This research have seven stages, there are: (1) problem analyzing; (2) data collecting; (3) product design; (4) validity design; (5) revision design; (6) product testing and; (7) analyzing & reporting.

Analysis research instrument use Vaiken to know validation each validator about teaching set. The validation do three lecture specialist teaching set from electronics engineering faculty University State of Surabaya. To complete Result the validation with Vaiken are (1) Syllabus 0,81; (2) Lesson Plan 0,71; (3) worksheet equipped with LTPS 0,76; (4) modules 0,79; and (5) assessment sheets 0,73. Validation results showed that the teaching learning materials used in cooperative learning TPS type with problem posing was getting the average rating at about 81.45%, the students’ responses toward this method was getting the rating at about 83,88%. The Averages of student learning outcomes in the experimental class (X TITL 2) before learning was 58.98 and increased after learning into 71,64. While the calculations obtained using the t test was 8.777 and for T Table at 0,975 significant level was 2,04. Based on the results above, it could be concluded that cooperative learning TPS type with problem posing could improve student learning outcomes.

 

Keywords: Cooperative Learning TPS Type with Problem Posing, Using Electrical Measurement, Research & Development (R&D).


Author Biography

ANDRE cahyo CAHYO, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
CAHYO, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TPS dengan Pengajuan Soal Pada Standar Kompetensi Menggunakan Hasil Pengukuran Listrik di SMKN 1 Pungging. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 17