PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IMINDMAP MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN SISTEM KONVERSI BILANGAN PADA RANGKAIAN LOGIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Whilda Octavianty . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran untuk     (1) mengetahui layak tidaknya hasil pengembangan materi dan media menggunakan media ImindMap, (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan materi dan media pembelajaran menggunakan media ImindMap, (3) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran ImindMap. Metode penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development ( R & D ) dengan menggunakan desain penelitian One – Shot Case Study dengan nilai KKM minimum ≥ 2,67 atau B-. Tahapan dalam proses penelitian ini meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba pemakaian (7) analisa dan pelaporan. Penelitian ini di laksanakan di SMK Negeri 2 Surabaya dengan 30 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan soal tes untuk mengetahui tingkat kelulusan siswa. Pada penelitian ini diperoleh hasil kelayakan media pembelajaran ImindMap dengan hasil rating 82,1 % termasuk dalam kategori baik atau layak. Respon siswa untuk media pembelajaran adalah 83 % termasuk dalam kategori baik, dan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa adalah 92,8 % termasuk dalam kategori sangat baik dan untuk siswa yang tidak tuntas sebesar 7,14. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran pada kompetensi dasar menjelaskan sistem konversi bilangan pada rangkaian logika layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran karena setiap aspek memperoleh kategori baik dan sangat baik.

Kata Kunci :Pengembangan, Media Pembelajaran, Research  R & D, Posttest

 

Abstract

The aim of this study was developing of learning media to (1) understand the appropriateness of the results of material and media development used ImindMap media, (2) understand student response toward material assembling and learning media using ImindMap media, (3) understand the completeness of students’ achievement by using ImindMap learning media. Experiment method used was Research and Development (R&D) by using experiment design One-Shot Case Study with minimum KKM value ≥ 2,67 or B-. Stages in this study included (1) potential and problem, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revison, (6) testing the use, (7) analysis and reporting. This study was conducted in SMKN 2 Surabaya with 30 students. Methods used for data collection were questionnaire and test questions to determine level of students graduation. Result of the study was obtained that the feasibility of ImindMap learning media  with 82,1 % rating result that was included in category of good or feasible. Students response to learning media was 83 % that was included in good category, and the completeness level of students’ achievement was 92,8 % that was included in the excellent category and for students who did not complete at 7,14. It could be concluded the basic competencies teaching media that was explaining number conversion system in the logic circuit was feasible to be used as media in learning process because every aspects obtained good and excellent categories.

Key words: development, learning media, reserach R & D, posttest

Author Biographies

Whilda Octavianty ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., W., & Rusimamto, P. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IMINDMAP MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN SISTEM KONVERSI BILANGAN PADA RANGKAIAN LOGIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 86