PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN FORMATIF DENGAN BANTUAN WEB (ELECTRONIC ASSESSMENT TOOL) UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN INSTALASI LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU

  • Mohammad Wildan . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Joko . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan sistem penilaian formatif berbantuan web dengan media Moodle 2.0 untuk mendukung pembelajaran instalasi listrik 1 fase dan menggambar rencana instalasi penerangan, untuk mengetahui respon siswa mengenai sistem penilaian formatif berbantuan web yang menggunakan media moodle 2.0, dan untuk mengetahui perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa antara siswa yang menggunakan moodle 2.0 sebagai bantuan dalam pelaksanaan penilaian formatif dan siswa yang tidak menggunakan moodle 2.0 sebagai bantuan dalam pelaksanaan penilaian formatif. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Subjek  dalam penelitian ini adalah dua kelas siswa kelas X jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 3 Boyolangu semester II. Kegiatan validasi dilaksanakan oleh validator yang berasal dari pihak  dosen dan guru. Validasi oleh ahli ditujukan untuk mengukur kelayakan isi. Data kualitatif diperoleh melalui pengisian kritik dan saran dari ahli. Data yang diperoleh dari penilaian oleh dosen dan guru instalasi listrik, dianalisis dengan teknik analisis rata-rata. Pengujian efektivitas sistem penilaian formatif berbantuan web dilakukan dengan uji t. Produk hasil pengembangan adalah sistem penilaian formatif berbantuan web sebagai alat untuk memberikan balikan. Hasil penelitian ini yaitu sistem penilaian formatif berbantuan web yang menggunakan media moodle 2.0 terbukti layak dengan hasil validasi isi rata-rata yaitu 3,59 dengan kategori layak, respon siswa mengenai sistem penilaian formatif berbantuan web dengan menggunakan media moodle 2 adalah baik yang ditunjukkan dengan hasil respon siswa yang menunjukkan lebih dari 80% siswa merespon dalam kategori baik untuk setiap aspek yang direspon, dan tidak terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa antara siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan moodle 2.0 sebagai bantuan dalam pelaksanaan penilaian formatif.

Kata kunci: penilaian formatif, sitem penilaian formatif berbantuan web

Abstract

The purpose of this study was to determine the feasibility of web-assisted system of formative assessment with the media to support learning Moodle 2.0 one phase electrical installation and lighting installation plan drawing, to study the response of the students about the formative assessment system that uses a web-assisted media Moodle 2.0, and to determine the mean difference the average of student achievement between students who use Moodle 2.0 as an assisted in the implementation of formative assessment and students who are not using Moodle 2.0 as an assisted in the implementation of formative assessment. This study used a model of research and development. Subjects in this study were two classes of class X student engineering power installations SMK Negeri 3 Boyolangu second semester. Validation activities carried out by the validator that comes from the lecturers and teachers. Validation by experts aimed to measure the feasibility of the contents. The qualitative data obtained through filling criticism and advice from experts. Data are got from lecturer and teacher’s assessment, analyzed by mean analysis. Efectivity test for web formative assessment assissted system is used by t-test. The products are the result of the development of web-assisted system of formative assessment as a tool to provide feedback. Results of this research is formative assessment assisted system which uses media Moodle 2.0 proved worthy with the results of the validation that the average content of 3.59 with both criteria, student responses on the web- assisted system of formative assessments using Moodle 2 media is well demonstrated by the results student responses showed more than 80% of students responded in the category of good to every aspect of the response, and there are no differences in average student achievement between students who are using and not using Moodle 2.0 as an assisted in the implementation of formative assessment.

Keywords: formative assessment, web formative assessment assisted system

Author Biographies

Mohammad Wildan ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Joko . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., M., & ., J. (2015). PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN FORMATIF DENGAN BANTUAN WEB (ELECTRONIC ASSESSMENT TOOL) UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN INSTALASI LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 19