PENGEMBANGAN MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI RADIO PENERIMA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • ARY surya SURYA PRANATA jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berupa multimedia untuk pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) pada standar kompetensi memperbaiki radio penerima di SMK negeri 2 surabaya yang digunakan untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa dan guru yaitu kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran serta untuk memberikan media dalam pembelajaran tertentu. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, mengetahui hasil belajar serta ketuntasan belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran, dan respon siswa terhadap media tersebut. Metode yang digunakan dalam penerlitian ini merupakan metode penelitian Research and Development (R & D).

Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa desain media pembelajaran dinyatakan layak untuk digunakan dengan hasil rating 86,17%. Sedangkan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran ini dinyatakan menarik dengan hasil rating 81,123%. Dari hasil belajar siswa didapat prosentase ketuntasan kelas sebesar 87,5%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa multimedia untuk pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) pada standar kompetensi memperbaiki radio penerima dapat digunakan secara layak dalam dunia pendidikan..

Kata Kunci: Multimedia, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games

Tournaments, Research and  Development (R & D).

 

Abstract

This research is a form of multimedia development for learning with teams games tournaments (TGT) cooperative learning model the standard of competence repairing radios receiver in the state vocational high school 2 surabaya used to solve the problems faced by students and teachers of the saturation students in their lessons and to deliver media in this particular study. The goal of this research are to determine the feasibility of learning media, knowing the results of learning and mastery learning student using instructional media, and students' response to the media. The method used in this penerlitian a research methods Research and Development (R & D).

From the research conducted, the result that the design of learning media declared eligible for use with 86.17% rating result. While the results of students' response to learning media is otherwise attractive to yield 81.123% rating. Of student learning outcomes acquired mastery percentage grade of 87,5%. From these results it can be concluded that the media in the form of multimedia for learning with teams games tournaments (TGT) cooperative learning model the standard of competence repairing radios receiver can be used appropriately in education.

Keywords: Multimedia, Teams Games Tournaments (TGT) Cooperative Learning Model,

Research and Development (R & D).


Author Biography

ARY surya SURYA PRANATA, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
SURYA PRANATA, A. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI RADIO PENERIMA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 30