PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Moh Faiz Adilistyo Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yang biasa dilakukan di SMK Negeri 7 Surabaya dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran aktif everyone is a teacher here pada kelas X jurusan TAV di SMK Negeri 7 Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk Posttest-Only Control Design. Subyek penelitian ini adalah kelas X AV 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here, dan kelas X AV 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang biasa dilakukan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil analisa dari nilai akhir hasil belajar siswa diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 3.34 dan kelas kontrol sebesar 2.76, dan setelah dilakukan uji t (independent sampel t test) diperoleh nilai thitung sebesar 8.981 dengan ttabel = 1.67, dengan taraf signifikansi α = 0.05 maka nilai thitung terletak pada daerah penolakan H0 sehingga diperoleh simpulan bahwa rata-rata hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yang biasa digunakan di sekolah, (2) respon siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here selama pembelajaran berlangsung sangat baik dengan skor sebesar 88.5%.

Kata Kunci: everyone is a teacher here, hasil belajar siswa, respon siswa.

 

Abstract

This research is aimed to know whether students learning result by using everyone is a teacher here active learning strategy is better than using conventional learning which is common in SMK Negeri 7 Surabaya and to know the students response toward everyone is a teacher here active learning strategy in class X particularly course TAV of SMK Negeri 7 Surabaya. This study was using true experimental design in the form of post test-only control design. The subject of this study were students of class X AV 1 as experiment class by using everyone is a teacher here active learning strategy, and students of class X AV 2 as control class by using conventional learning which is common in the school. The result of this study has shown that: (1) based on analyzing result from final score of students learning result, experiment class gained the average score at 3.34 and control class gained the average score at 2.76, and after t-test (independent sample t-test) is conducted tcount is gained at 8.981 with ttable = 1.67, with significant α = 0.05, thus t-count value is on refusal area H0 therefore it was concluded that the average score of students learning result by using everyone is a teacher here active learning strategy is better than using conventional learning which is common in the school, (2) the students response in experiment class by using everyone is a teacher here active learning strategy during learning is great with score 88.5 %.

Key words: everyone is a teacher here, students learning result, students response.

Author Biographies

Moh Faiz Adilistyo, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Adilistyo, M., & ., L. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 9