PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBLOG BLOGGER PADA KOMPETENSI DASAR “MEMAHAMI FUNGSI RANGKAIAN RESISTOR DAN RANGKAIAN KELISTRIKAN” DI SMK NEGERI 2 PROBOLINGGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis weblog blogger pada kompetensi dasar memahami fungsi rangkaian resistor dan rangkaian kelistrikan di SMK Negeri 2 Probolinggo, dan mengetahui respon siswa SMK Negeri 2 Probolinggo terhadap media pembelajaran interaktif berbasis weblog blogger pada kompetensi dasar memahami fungsi rangkaian resistor dan rangkaian kelistrikan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) atau metode penelitian dan pengembangan yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahap, yakni tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan tahap analisis & pelaporan. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TEI 1 SMK Negeri 2 Probolinggo. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis weblog dilakukan dengan validasi para ahli yakni dosen dan guru. Untuk mengetahui respon dari para siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis weblog blogger dilakukan dengan memberikan angket pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi pada media pembelajaran interaktif berbasis weblog blogger mendapatkan hasil rating sebesar 77,5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis weblog blogger masuk ke dalam kategori layak digunakan. Hasil respon menunjukkan bahwa siswa kelas X Teknik Elektronika Industri 1 SMK Negeri 2 Probolinggo menyatakan sangat setuju terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis weblog blogger dengan hasil rating sebesar 82%.
Kata kunci: pembelajaran interaktif, media, weblog blogger, resistor, rangkaian kelistrikan
Abstract
The purpose of this research was to knew the properness of interactive learning media based-on weblog blogger on basic competence understanding the function of resistor circuits and electronical circuits at SMK Negeri 2 Probolinggo, and to know the responses of SMK Negeri 2 Probolinggo student’s about interactive learning media based-on weblog blogger on basic competence undestanding the function of resistor circuits and electronical circuits. The research used Research and Development (R&D) methode that was modified into seven phases, namely the potential and problem, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, and analysis & reporting phase. The targets of this research is Student of class X Industrial Electronic Engineering 1 SMK Negeri 2 Probolinggo. To determine the properness of interactive learning media based-on weblog blogger done by validation experts that lectures and teachers. To determine the student response about interactive learning media based-on weblog blogger done by giving questionnaires to students. The result of research showed that interactive learning media based-on weblog blogger got the rate 77.5%, so interactive learning media based-on weblog blogger categorized as proper. The responses result showed that SMK Negeri 2 Probolinggo students stated strongly agree with using interactive learning media based-on weblog blogger with the rate 82%.
Keywords: interactive learning, media, weblog blogger, resistor, electrical circuitPDF Downloads: 59