PENGEMBANGAN TRAINER AUDIO MIXER DAN JOBSHEET BERBASIS ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMKN 2 SURABAYA

  • Nia Hidayatur Rachma Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Edy Sulistiyo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layak tidaknya hasil pengembangan trainer audio mixer (2) Mengetahui layak atau tidaknya hasil pengembangan jobsheet berbasis animasi dengan menggunakan software adobe flash, (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap trainer audio mixer dan jobsheet berbasis animasi dengan menggunakan software adobe flash, (4) Pengujian analisis alat perchanel dengan menggunakan osiloskop.

Metode penelitian ini yang digunakan adalah Research and Development ( R & D ), untuk mencapai langkah pembelajaran yang diterapkan. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study, dengan  mengambil satu kelas untuk dilakukan treatment dan melakukan observasi menggunakan media pembelajaran trainer.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) berdasakan validasi memperoleh hasil rating 88,34% atau dalam kategori sangat layak, (2) Kelayakan jobsheet mendapatkan  hasil rating 86,43% atau dalam kategori sangat layak, (3)Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap trainer audio mixer mendapatkan rating 90,349%  dan terhadap jobsheet mendapatkan rating 89,612%, dengan demikian trainer audio mixer dan jobsheet tersebut termasuk mendapatkan respon siswa yang sangat layak.

Kata Kunci:Pembelajaran Trainer dan jobsheet berbasis animasi.

 

Abstract

The purpose of this research is to find out whether a decent result development trainer audio mixer (2) to know the worth or whether results-based animation jobsheet development using adobe flash software, (3) to know the learner response against trainer audio mixer and jobsheet based animation using adobe flash software, (4) to test tool perchanel analysis using oscilloscope.

The method of this research is the Research and Development (R D &), to reach the learning step is applied. The research design used was One Shot Case Study, by taking a class to do treatment and conduct observation of learning to use media trainers.

The results of this research indicate that: (1) upon validation results rating 88,34% or in the category of very decent, (2) the feasibility of jobsheet get results or 86,43% rating in the category of very decent, (3) based on the results of the now student response against trainer audio mixer get 90,349% rating and against jobsheet get 89,612% rating, thus trainer audio mixer and jobsheet included getting a very worthy student response.

Keyword :Trainer and jobsheet based animations.

Author Biographies

Nia Hidayatur Rachma, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Edy Sulistiyo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Rachma, N., & ., E. (2015). PENGEMBANGAN TRAINER AUDIO MIXER DAN JOBSHEET BERBASIS ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 63