PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY MENGGUNAKAN PUZZLETERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI SMK

  • . HARIANTO jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran course review horay menggunakan puzzle pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran course review horay menggunakan puzzle .

Rancangan penelitian pada produk ini menggunakan post test only control design. Prosedur penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisa data.

Hasil penelitian ini memberikan hasil yaitu instrumen penelitian pembelajaran course review horay menggunakan puzzle mendapatkan hasil rating rata-rata 88,31%, respon siswa terhadap pembelajaran course review horay menggunakan puzzle dengan hasil rating 71,33%, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (X EI1) sebesar 79,1 dan nilai rata-rata kelas kontrol (X EI2) 76,1. Dan perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,5> ttabel = 1,67. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan pembelajaran course review horay menggunakan puzzle mempunyai nilai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif.

Kata kunci: Pembelajaran course review horay, puzzle dan hasil belajar

 

Abstract

The aims of this study is to find out the results of student learning use learning course review horay using puzzle on standards of competence apply the basics of electronics and to know the response of the students towards learning course review horay using puzzle.

Design ofresearch onthisproductusing thepost testonlycontroldesign. The procedureof this studyisthe preparation phase, implementation phaseand thephaseof dataanalysis.

Results ofthis study provides that instrumentscourse review horaystrategieslearningto using the puzzle get theaverage rating of92.44%, student responseto learningcourse review horaystrategieswiththeusing apuzzlerating83.81%, the average learning outcomesexperimental class(X AV1) of 77,5andthe average value ofthe controlclass(X AV2) 72.9375. Andcalculationsobtainedusing thettestt count=2,5>ttable=1.67. Based onthe result of the research above it can concludedthat theclass that usingcourse review horaystrategieslearningusing  puzzlehas a batter valuelearningoutcomesthan theclasses thatusecooperative learning.

Keywords:Learningcourse review horay, puzzleand learning outcomes

 

Author Biography

. HARIANTO, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
HARIANTO,. (2013). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY MENGGUNAKAN PUZZLETERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 80