PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR DIGITAL KELAS X TAV 1 DI SMK NEGERI 1 MADIUN

  • FIRMANSYAH dwi DWI K jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Madiun, dengan tujuan untuk; (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Aktif Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar siswa kelas X program keahlian Audio Video tahun ajaran 2012-2013 pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar digital.  (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar digital. (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar digital.

Studi penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Madiun. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TAV 1 dan TAV 3. Pada kelas TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah post tes untuk menilai hasil belajar siswa dan angket motivasi belajar untuk mengukur motivasi belajar siswa. Selanjutnya data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan ANAVA 2  jalur dan untuk motivasi belajar dihitung menggunakan hasil rating.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Aktif Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar siswa, pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 80,10 sedangkan untuk kelas kontrol 76,76 pada skala nilai maksimal 100. (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, siswa yang motivasi belajar tinggi nilai hasil belajarnya rata-rata 82,70 sedangkan siswa yang motivasi belajarnya rendah nilai hasil belajarnya 74,43. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwah model pembelajaran Aktif Everyone Is A Teacher Here dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi lebih baik dari model pembelajaran langsung.

Kata kunci : Model pembelajaran aktif, Everyone Is A Teacher Here , Hasil belajar dan Motivasi.

 

Abstract

This study had been done at SMK Negeri 1 Madiun. The purposes are: (1) to know the influence of active learning “Everyone is a teacher here” on the result of students’ learning in 10th grade of Audio Video skill program year 2012-2013 based on standard of competence applying digital basics, (2) to know the influence of learning motivation on the result of students’ learning based on standard of competence applying digital basics.

The study of this case was the influence of learning model and students’ learning motivation, while the objects of this study were 10th graders of SMK Negeri 1 Madiun. The population and sample were whole 10th graders TAV 1 and TAV 3. TAV 1 class was experimental class, and TAV 3 was control class. The data collection technique was post test, to measure the result of students’ learning and learning motivation questionnaire was used to measure students’ learning motivation. After that, the result data of students’ learning were analyzed by using ANAVA 2 ways and for learning motivation was measured by rating result.

The result of this study showed that (1) there was the influence of learning model of “Everyone is a teacher here” on the result of students’ learning, at experimental class the mean was 80.10, while at control class the mean was 76.76 at scale of maximum score 100, (2) there was the influence of learning motivation on the result of students’ learning, students with high learning motivation their score was about 82.70, then students with low learning motivation 74.43, (3) there was no interaction between learning model and students’ learning motivation.

Based on that result above, it can be concluded that Active learning model “Everyone is a teacher here” can influence the result of students’ learning better that konvensional learning.

Key words: Active Learning model, Everyone Is A Teacher Here, the result of learning and motivation.

 

Author Biography

FIRMANSYAH dwi DWI K, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
DWI K, F. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR DIGITAL KELAS X TAV 1 DI SMK NEGERI 1 MADIUN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 11