PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN BANTUAN SOFTWARE PROTEUS PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 7 SURABAY

  • Arif Wahyu Nugroho Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa dan tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika kelas XI  teknik audio video di SMK Negeri 7 Surabaya . Dalam penelitian ini hasil belajar yang akan dicari adalah hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotor.Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik stratified randomsampling. Siswa kelas XI TAV 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah, dan siswa kelas XI TAV 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar siswa berupa soal-soal pilihan ganda untuk ranah kognitif, dan untuk mengukur hasil belajar psikomotor melalui lembar pengamatan tes kinerja sedangkan instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur tingkat keaktifan siswa adalah lembar pengamatan. Data Instrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi (α) = 0,05, didapatkan thitung > ttabel yaitu 5,661>2,00, sehingga hipotesis  nol (H0) ditolak dan (H1) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung (2) Berdasarkan perhitungan rata-rata tingkat keaktifan siswa pada kelas eksperimen sebesar 3,50 dan pada kelas kontrol sebesar 3,33, sehingga dapat disimpulkan keaktifan siswa pada kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan keaktifan siswa kelas kontrol.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Model Pembelajaran Langsung, Perbedaan Hasil belajar.

Abstract

This study had an objective to understand the difference of learning model using based on problem (Problem Based Learning) and direct learning model toward students’ achievement and student activity levels on subject of electronical circuit assembling of class XI video audio engineering in SMKN 7 Surabaya. In this study the learning outcomes to be searched were cognitive and psychomotor learning outcome.The method used was Quasi Experiment with nonequivalent control group design. Sampling was conducted using stratified random sampling technique. Students of class XI TAV 2 as an experiment class which used model of problem based learning, and class of XI TAV 3 as a control class which used direct learning model.The instrument of study used was a test to measure students’ achievement in the form of multiple choice questions for cognitive and to measure psychomotor learning outcomes through an observation sheet while research instrument used to measure the level of student activity the observation sheet. The instruments test analyzed using statistic t-test analysis. The result showed that (1) Based on calculation result using t-test on significance level (α) = 0.05 obtained tcalculation> ttable, it is 5,661 > 2.00, then null hypothesis (H0) is rejected and (H1) accepted. This could be concluded that there are differences of experiment classroom learning achievement which using problem based instruction model with control classroom which using direct instruction model (2) based on the calculation of the average level of activity of students in the experiment classroom of 3,50 and in the control classroom is 3,33, so it can be concluded active students in the experiment classroom superior to the activity of control classroom.

Keywords: Problem Based Instruction Model, Direct Instruction Model, Different Learning Achievement.

 

Author Biographies

Arif Wahyu Nugroho, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Nugroho, A., & ., L. (2015). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN BANTUAN SOFTWARE PROTEUS PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 7 SURABAY. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 12