PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Aiman Setiono . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Yudha Anggana Agung Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan sistem penyampaian materi yang disajikan dengan pengendalian komputer kepada siswa yang tidak hanya mendengar dan melihat, tetapi juga memberikan respon yang aktif dan umpan balik terhadap media. Pembelajaran melalui komputer ini menyajikan proses belajar yang dapat divisualisasikan dengan lebih sederhana, jelas, berisi dan menarik minat siswa untuk belajar. Media yang di kembangkan adalah media pembelajaran berbasis lectora. Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru serta dapat membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan produk media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran teknik elektronika dasar yang valid untuk digunakan, dan (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran dengan sasaran kelas X TAV di SMK Negeri 3 Surabaya yang dikemas dalam bentuk CD dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan   R&D   (research   and   development) yang telah diadaptasi menjadi 7 tahap, yaitu: (1) Research and information collection (2) Planning (3)  Develop Preliminary of Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Main Field Test (7) Analysis and eporting. Hasil penelitian yang diperoleh adalah media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk Compact disc (CD) dengan nama BMtronika. Validasi media dilaksanakan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang layak digunakan. Validasi yang dilakukan ada 3 aspek keahlian yaitu: ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Hasil validasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan dengan prosentasi 89,25%. Respon siswa terhadap media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan hasil prosentasi 88,75%.

Kata Kunci: Media pembelajaran, BMtronika, Respon siswa.

 

Abstract

Learning media was a material of delivery system which has presented by computer control to those students whose did not just hear and view, but also has provided the active responses and feedback to the media. Learning by computer have presented a learning process who can be visualized with a more simple, clear, contain and interesting for students to learn. Media that was developed is learning media based on lectora. Learning media in teaching and learning have aroused the desire and the new one interest and than have aroused motivation and stimulus of learning. The purpose of this research : (1) Has produced an interactive learning media on the subject basis of electronic engineering the has valid to be used, and (2) To knew the students' response to learning media with targets class X TAV in Vocational High School State 3 of Surabaya who packaged in a CD it deserves to be used as learning media. This research uses research methods the development of of R & D (research   and   development) which has been adapted into 7 stage, namely: : (1) Research and information collection (2) Planning (3)  Develop Preliminary of Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Main Field Test (7) Analysis and eporting. The results of research obtained is learning media that was packaged in a compact disc (CD) the name of BMtronika. Validation media implemented to produce learning media product it deserves to be used. The validation performed there are three aspects of expertise, namely: media experts, linguists, and matter experts. Has produced validation of media showed that learning media it deserves to be used the precentage of 89,25%. The response of students to learning media was declared very well with the precentage of 88.75%.

Keywords: Learning Media, BMtronika, student response

Author Biographies

Aiman Setiono ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Yudha Anggana Agung, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., A., & Agung, Y. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 114